28 Maret 2016 | Denny - Redaksi | News

Shanghai Tower Pakai Perangkat Keamanan dari BOSCH

Landmark baru adalah julukan yang disematkan kepada Shanghai Tower. Wajar saja, sebabnya gedung setinggi 632 meter ini adalah bangunan tertinggi di dunia kedua setelah Burj Khalifa di Dubai. Gedung ini memiliki 127 lantai diatas tanah dan 5 lantai di bawah tanah yang membuat gedung ini dijuluki dengan sebutan "vertical city". Shanghai Tower memiliki beragam fasilitas seperti ruang hijau, perkantoran,  tempat hiburan, dan juga hotel mewah.

Untuk mengamankan gedung ikonik ini, pihak pengelola Shanghai Tower melengkapi sistem keamanan gedung dari BOSCH Security. Sistem pengamanan ter yang meliputi; video pengawas, public addresss, professional sound dan sistem alarm.

Kunci utama dalam keamanan gedung itu meliputi kamera yang beresolusi tinggi seperti fixed BOSCH Dinion, Flexidome dan aoutodome PTZ yang terpasang di seluruh bangunan. Dengan teknologi Starlight dari BOSCH starlight, setiap kamera akan mengawasi seluruh sudut gedung.

Kamera IP Autodome Bosch juga memiliki fitur tracking yang memungkinkan petugas keamanan gedung secara otomatis menelusuri target yang bergerak diseluruh gedung. Kamera-kamera ini secara dinamis mengikuti mengikuti setiap gerakan. Selain itu, ada fitur auto exposure dan  DNR, yang membantu meningkatkan ketajaman gambar. Pasalnya, Shanghai Tower telah mengusung konsep green building yang memastikan sinar matahari bebas masuk. Seluruh kamera BOSCH tidak memiliki masalah dengan situasi tersebut. Kemudian, kamera CCTV juga hanya menyimpan kejadian yang benar-benar diperlukan guna untuk menghemat penyimpanan.

Agar lebih efisien, seluruh kamera tersebut  dikendalikan melalui BOSCH Video Management Software(BVMS), sehingga para petugas keamanan terus mengawasi secara live dan playback meskipun terjadi gangguan. Untuk urusan penyimpanan, sistem penyimpanan seri 2PB DSA-E milik BOSCH juga digunakan oleh manajemen Shanghai Tower.

Sementara itu dari segi keselamatan penghuni gedung, pengelola menggunakan public address digital Praesideo dan Voice Evacuation System milik BOSCH. Dengan lebih dari 100 amplifier dan 6.000 loudspeaker, keamanan gedung dapat secara cepat menyampaikan instruksi evakuasi ke seluruh gedung.  

Untuk mencegah keadaan gawat darurat, Shanghai Tower juga telah dilengkapi detektor Blue Line Gen2 dan 12 set panel alarm BOSCH tipe DS7400XI. Detektor ini terhubung ke sistem pengawasan dalam gedung, memantau alarm dan mengirimkan sinyal ke BVMS yang ada di ruang kontrol. Itu artinya petugas keamanan akan diingatkan oleh sistem alarm yang terkoneksi ke ruang kontrol dan muncul di monitor jika ada alarm yang terlanggar.

Sedangkan pada sistem suaranya, Shanghai Tower menggukan produk dari electro-voice yang juga masih dari BOSCH. Gedung ini menggunakan 100 loudspeaker EVID yang ditempatkan mengeliling di tengah untuk menghasilkan suara yang bagus. Untuk menghasilkan kualitas suara yang bagus, gedung ini juga menggunakan loudpeaker EVF, tour grade (TG) dan contractor precision series (CPS).

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar