31 Maret 2016 | Sukron - Redaksi | News

Mampukah Alat Pendeteksi Suara Tembakan Melawan Terorisme?

Setelah serangan teror di Eropa baru-baru ini, para ahli di bidang keamanan menanggapi dengan serius dengan mencari solusi untuk membuat alat yang bisa mendeteksi suara tembakan dan seketika memberi tahukan kepada pihak yang berwenang. Sejumlah perusahaan pun diundang oleh lembaga Inggris untuk memberikan demonstrasi produk dalam kategori ini.

CEO dari Shooter Detection System (SDS), Christian Connors mengatakan, sejak serangan di Paris dan yang paling baru di Brussel, kita telah berdiskusi lebih serius untuk pasar sistem keamanan ini dengan pasar yang paling potensial adalah Inggris Raya. "Kita telah diundang oleh Inggris untuk mendemonstrasikan secara langsung dan selebihnya akan dilakukan 6 bulan lagi untuk pengujian yang lebih mendalam," ujarnya.

Bagian terpenting dari alat yang diberi nama Guardian ini adalah sebuah sensor sebesar kotak listrik yang ditempatkan di sekitar bangunan untuk mendeteksi suara tembakan. Ketika alat ini mendeteksi tembakan, sistem akan secara otomatis memperingatkan penghuni gedung dan petugas keamanan dengan sirine "suara tembakan" dan menunjukkan dari lantai mana tembakan itu berasal.

Pada saat yang sama sistem ini akan mengirim peringatan dan lokasi kejadian via e-mail kepada penghuni gedung yang memungkinkan evakusai secepat mungkin.Perangkat keamanan ini juga dapat dipadukan dengan perangkat keamanan yang sudah ada seperti video pengawas, kontrol akses dan public address.

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar