27 April 2016 | Desy - Redaksi | News

7 Persiapan Sebelum Memasang Security System di Rumah

Agar para teknisi sistem keamanan dapat bekerja dengan nyaman di rumah, Anda mungkin harus terlibat dalam proses persiapannya. Dengan melakukan sedikit persiapan sebelumnya, Anda dan teknisi tidak akan terburu-buru atau melewatkan poin-poin penting sebelum seluruh perangkat security system dipasang.

Memilih sistem alarm dapat menjadi perkara menyulitkan: Ada begitu banyak pilihan, dan taruhannya terasa luar biasa besar. Bagaimanapun juga, memilih sistem yang salah bakalan menjadi bumerang karena bisa saja salah satu anggota keluarga anda saat ingin masuk ke rumah namun terindikasi sebagai penjahat.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum teknisi security system menginjakkan kaki rumah Anda.

1. Ketahui apa yang Anda inginkan jauh-jauh hari.

Sebelum Anda menelepon sebuah perusahaan keamanan rumah, Anda harus sudah punya gagasan yang cukup terperinci mengenai apa yang Anda cari. Berapa banyak Anda bersedia membayar? Apakah Anda mampu mengatasi biaya penuh layanan seluler? Apa yang Anda inginkan terjadi ketika alarmnya terpicu: sinyal yang terdengar? Panggilan ke ponsel Anda? Panggilan ke seluluer tetangga Anda? Atau nada alarm langsung ke sistem pengawas?

“Masalah terbesarnya terletak pada pelanggan yang tidak terlibat dalam proses pembelian atau pemasangannya,” kata Marcos Valdez, Direktur Operasional Hawk Security di Fort Worth, Texas. "Ketika pelanggan tidak terlibat, hal itu menyebabkan masalah,” paparnya.

2. Tanyakan apa yang belum dimengerti

Jangan merasa buruk jika sistem alarm baru Anda membuat Anda bingung. Kecuali Anda seorang insiyur atau ahli komputer, sistem alarm hampir pasti akan membingungkan Anda—dan Anda tidak sendirian. Solusinya adalah mencari tahu dengan bertanya.

“Kami berharap dan bahkan lebih suka jika pelanggan menanyakan banyak pertanyaan,” ujar Valdez. “Sistem keamanan dipasang untuk mengamankan keluarga dan harta benda Anda, yang merupakan aset paling penting dalam hidup Anda.”

Setelah pemasangan selesai, mintalah demonstrasi mendetail sistem alarm tersebut untuk mengetahui persisnya apa saja yang masih membuat Anda bingung. 

3. Anda harus berada di rumah saat pemasangan

Pemasangan sistem oleh para teknisi memerlukan pengawasan agar mereka bekerja dengan prosedur. Jika Anda sudah melakukan riset, hanya Anda yang tahu pertanyaan apa yang harus ditanyakan dan fitur mana yang harus dipasang. Dan Anda juga dapat menjawab pertanyaan dari teknisi tentang preferensi alarm Anda.

4. Sambungan telepon dan internet 

Anda tidak dapat memiliki alarm tanpa ada cara bagi alarm itu untuk berkomunikasi dengan dunia luar—dan itu berarti Anda harus punya layanan Internet, saluran telepon, atau akses seluler di rumah.

“Kami sering sekali diminta memasang sistem ‘nirkabel’ di pondok atau rumah liburan, tapi tanpa layanan komunikasi dalam bentuk apa pun, itu mustahil,” kata Nathan McBride, dari Absolute Automation.

Apa gunanya alarm yang tidak bisa memperingatkan? Walaupun ada cukup banyak pilihan yang bekerja dengan layanan seluler (seringnya dengan biaya tambahan), jika pondok Anda letaknya terlalu terpencil Anda akan harus memasang Internet atau layanan telepon sehingga alarm Anda dapat berkomunikasi dengan Anda atau layanan pengawasan Anda.

5. Beres-bereslah sebelum pemasangan

Teknisi Anda akan harus mengakses tempat-tempat yang sulit dijangkau di rumah Anda. Jadi bersihkan rumah Anda sepenuhnya sebelum mereka tiba. "Barang-barang yang berserakan adalah gangguan yang menyulitkan teknisi untuk bergerak leluasa,” jelas Valdez.

Beberapa barang yang sekiranya akan menghambat proses pemasangan, si tuan rumah haruslah memindahkannya dahulu. “Jika Anda tahu sebuah benda atau sesuatu yang akan merintangi, seperti sofa misalnya, akan harus dipindahkan untuk dapat menjangkau jendela Anda, lakukan sebelumnya, untuk menghemat waktu,” kata Mike Kochik, manajer layanan operasi di My Alarm Center di Philadelphia.

6. Pemasangan dapat memakan waktu sampai 8 jam

Banyak yang harus dikerjakan dalam pemasangan sebuah sistem alarm: Menambahkan sensor, memasang CCTV, mengotomatisasi kunci dan lampu Anda, menambahkan remote termostat, semua itu butuh waktu.

"Sistem alarm tidaklah sederhana lagi," kata Valdez. "Dulu pemasangan biasanya membutuhkan sekitar 4 atau 5 jam. Sekarang bisa sampai 8 atau 10 jam.”

7. Berpikirlah seperti seorang pencuri

Anda yang paling mengenali rumah Anda, bukan teknisi Anda. Jadi putuskan sebelumnya di mana Anda paling nyaman meletakkan perangkat keamanan. Berpikirlah sebagai seorang pencuri yang akan masuk ke rumah.

Teknisi dan perusahaan alarm Anda akan membantu Anda memutuskan cara terbaik untuk menjaga keamanan rumah Anda, tapi terlibat dalam prosesnya dengan pengetahuan Anda sendiri akan jauh lebih bermanfaat dan efisien.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar