04 Mei 2016 | Desy - Redaksi | News

Sony Fokus Garap Proyek Lensa Kontak Pintar

Perlombaan untuk mengembangkan lensa kontak pintar semakin menarik. Sony menjadi salah satu penantang serius yang telah mengajukan hak paten untuk lensa kotak self-powered yang dapat merekam apa yang dilihat pemakainya. Teknologi untuk merekam dan menyimpan gambar-gambar itu akan ditempelkan tepat di lensa di sekitar iris. Sensor piezoelectric akan menangkap pergerakan mata dan mengubahnya menjadi energi yang menghidupkan semua teknologi di dalam lensa. 

Alat ini akan dikontrol dengan sengaja mengedip dalam cara tertentu, memicunya untuk mulai atau mengentikan perekaman. Karena pemakainya mengedip secara normal, dengan efektif menutupi lensa selama 0,2 sampai 0,4 detik setiap kali, lensanya dapat secara otomatis menghapus bingkai gelap untuk playback yang lebih baik, paten Sony menjelaskan. Sebuah antena di dalam lensa memungkinkan pentransmisian gambar yang tertangkap secara nirkabel, menurut paten tersebut. Mereka yang membutuhkan lensa sesuai resep dokter akan memakai lensa tersebut di satu mata dan lensa perekam di mata yang lain. Terdengar lebih baik dari operasi laser mata?

Tetapi seperti yang dikatakan CNET, semua ini masih teori saat ini. Paten Sony tidak menjamin lensa kontak yang nyaman dan benar-benar merekam. Banyak langkah yang harus dilakukan terlebih dulu. Walaupun begitu, kontak lensa reguler untuk membantu penglihatan berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Lensa kotak yang bisa merekam mungkin akan tiba hanya dalam satu kedipan mata.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar