30 Mei 2016 | Sukron - Redaksi | News

Tantangan Baru System Integrator (SI)

Sistem keamanan seperti video pengawas dan kontrol akses telah bermigrasi ke sistem IP. Pemantauan tempat atau akses jarak jauh yang dapat menguntungkan pengguna dalam beberapa hal, adalah salah satu buah dari tren. Dengan demikian, peran System Integrator (SI) juga harus berubah. Memberikan solusi terintegrasi kepada pengguna lebih dibutuhkan ketimbang hanya menjadi pemasang perangkat keras saja.

Hal ini pun menjadi isu hangat bagi para SI saat menghadiri acara Secutech 2016 di Taiwan, dan juga jadi catatan penting di seminar SIA Education, betajuk “Integrator Meeting The Challange”. Menurut para Integrator, kebutuhan terhadap solusi terintegrasi berlaku hampir untuk semua bidang, dari mulai smart home hingga enterprise.

“Sampai detik ini, orang-orang belum cukup mengerti akan arti pentingnya smart home. Mereka hanya menggunakanya sebagai gaya hidup untuk memantau rumah dan menghemat energi , namun semakin lama orang akan semakin tahu tentang sistem terintegrasi,” ujar Abdullah Al Malki, Genegar Manager ITQAN.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, SI harus memiliki kemampuan dan keahlian yang diperlukan untuk memberikan solusi ini. “Kami bekerja pada sistem otomatisasi rumah dan kami mengintegrasikan sistem keamanan dengan intercom, sound system, dan yang lainya pada satu aplikasi. Baik itu sistem keamanan, sistem alarm dan interkom, kami mengintegrasikan semua sistem tersebut secara bersamaan,” kata Mohamad Salah, GM Smart Home Safety Equipment yang berbasis di Sudan.

“Kami melakukan integrasi untuk pelanggan dari pusat kesehatan hingga sekolah. Mereka semua memiliki murid dan sistem manajemen sumber daya berbeda. Mengintegrasikan kontrol akses untuk fasilitas besar adalah hal yang sangat penting di mana pelanggan memiliki banyak kamera dan bayak orang yang lalu-lalang. Kami telah banyak mengintegrasikan sistem,” kata seorang pembicara pada seminar ISC West.

Melibatkan pelanggan

Dengan sistem keamanan yang semakin terhubung, SI harus bekerja sama dengan departemen IT di orgaisasi pengguna untuk dapat saling menguntungkan. “Kami harus menjalin hubungan yang baik dengan departemen IT pelanggan. Itu adalah hal yang sangat penting. Ajak orang IT membicarakan tentang hal ini, bukan hanya dengan direktur bidang keamanan. Pastikan bagian IT telibat dari awal dengan apa yang akan Anda kerjakan,” kata seorang pembicara pada seminar ISC West.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar