01 Juni 2016 | Desy - Redaksi | News

Kota Belgrade Terapkan Teknologi Parkir Pintar

Belgrade, salah satu kota besar di Eropa Timur, memperkenalkan solusi inovatif bagi para pengendara untuk menemukan tempat parkir dengan cepat. Otoritas setempat memilih alat bernama Nedap dari perusahaan parkir setempat bernama Parking Service. Nantinya alat ini akan  menampilkan ketersediaan tempat parkir di sepanjang jalan utama. Lebih dari 3.500 tempat parkir akan dilengkapi solusi parkir pintar ini. Dengan aplikasi alat ini, Belgrade menjadi kota terdepan di Eropa Timur untuk solusi lalu lintas yang lebih efisien sekaligus ramah lingkungan.

Keputusan ini diambil melihat kemacetan yang semakin menjadi di Belgrade yang berpopulasi 1,7 juta jiwa. Untuk itu, Parking Servis diserahkan tanggung jawab untuk mengelola infrastruktur parkir di jalan maupun gedung-gedung yang berjumlah lebih dari 32.500.

Untuk mempermudah pengendara mencari tempat parkir, Parking Service menggunakan sistem bernama SENSIT yang terdiri dari sensor wireless dan Variable Message Signs. Sistem ini memiliki kemampuan memproses data ketersediaan parkir. Andrija Čupković, Direktur Pengelola Parking Service mengatakan kepuasannya dengan hasil SENSIT. "Kami sangat bangga memperkenalkan sistem parkir pintar ini di Belgrade dan untuk melihatnya menjadi ibu kota terdepan di Eropa untuk masalah parkir. Mulai musim semi ini, warga kami akan tahu persis ada berapa banyak tempat parkir yang tersedia," tuturnya.

Di fase pertama, sistem SENSIT akan dipasang di 850 tempat parkir sepanjang Jalan Njegoševa. Pembayaran parkir pun dapat dilakukan melalui ponsel. Di waktu yang akan datang, akan ditambahkan aplikasi smartphone yang bisa memberikan navigasi ke tempat parkir paling dekat yang tersedia.

Sementara itu, Ido Wentink, Manajer Pengembangan Bisnis di Nedap Mobility Solutions mengatakan, proyek di Belgrade ini merupakan salah satu proyek paling prestisius dalam industri smart city dan ITS Eropa saat ini. "Untuk alasan itu, kami sangat senang Parking Service mengakui kualitas sistem SENSIT untuk kemudahan parkir para pengendara," tutupnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar