21 Juni 2016 | Sukron - Redaksi | News
Sistem konstruksi MRT di Jakarta menggunakan metode pemantauan keselamatan yang disebut On-Site Visualization (OSV) sebagai bagian dari proyek Japan International Cooperation (JICA).

Tingkatkan Keselamatan Kerja, MRT Jakarta Pakai Teknologi OSV

On-Site Visualization (OSV) diketahui adalah teknologi pemroses data yang digunakan untuk memeriksa tingkat keselamatan pada proyek konstruksi. OSV sendiri berupa perangkat dengan lampu LED terpasang di dinding dan tiang pada bangunan yang sedang dikerjakan untuk mengukur kemiringan atau penyimpangan.  

Lampu LED akan menyala seperti lampu lalu-lintas untuk mengindikasikan tingkat bahaya dengan warna berbeda, biru untuk kondisi normal (tidak ada penyimpangan), kuning dan merah untuk tanda bahaya dan runtuh.

Teknologi OSV yang digawangi oleh Profesor Akutagawa ini telah memantau tingkat keselamatan para pekerja di tiga proyek Mass Rapid Transit (MRT) di pusat Jakarta (dua stasiun di Jakarta Pusat dan satu di Jakarta Selatan).

Proyek tersebut dievaluasi secara mendalam oleh kepala konstruksi Jakarta MRT. Bahkan dengan penggunaan OSV, mereka mengklaim telah menerapkan standar yang lebih tinggi untuk menajemen keselamatan.

Di banyak negara berkembang, meningkatnya pekerjaan publik diiringi dengan meningkatnya jumlah kecelakaan dan ada kebutuhan yang mendesak akan pemantauan keselamatan. "Saya ingin membangun jaringan manusia yang menggabungkan pengetahuan dari berbagai bidang untuk mengingkatkan keselamatan dan keamanan,” pungkas Profesor Akutagawa. 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar