29 Juni 2016 | Denny - Redaksi | News

Jelang Lebaran, Bandung Barat Pasang 11 CCTV

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika, akan memasang 11 kamera CCTV di sejumlah jalur mudik di Lembang, Padalarang dan sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk memantau lalu lintas dan membantu petugas mengetahui adanya kepadatan.

Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo KBB, A Fauzan, mengungkapkan bahwa 11 CCTV itu dipasang di beberapa titik. Di antaranya pertigaan Beatrix-Kolonel Masturi, Lembang, Jalan Tangkubanparahu, Jalan Padalarang-Tagog, Jalan Panaris, Jalan Cimareme, Jalan Cangkorah, Batujajar, dan Pertigaan Cilame-Samsat. Hasil rekaman CCTV akan dipantau secara real time di Posko Dishub di Padalarang.

"CCTV ini berguna untuk memantau lalu lintas saat arus mudik dan arus balik Lebaran. Jadi, dari situ nanti kita bisa melakukan penanganan secara tepat di lapangan," ujar Fauzan, Jumat (24/6/2016).

Dia juga mengatakan, pemantauan arus mudik akan dimulai pada H-7 Lebaran. Sebanyak 135 personel Dishub akan diturunkan ke lapangan untuk membantu kepolisian mengurai kemacetan.

"Saat mudik, Lembang memang jadi fokus perhatian mengingat di sana banyak tempat wisata juga. Namun di Padalarang juga tetap menjadi perhatian kami," ujar Fauzan. Dengan bantuan CCTV, menurut dia, petugas dapat mengambil langkah-langkah untuk melakukan penanganan di lapangan. Selain itu, semua kejadian di lapangan baik lalu lintas maupun tindak kejahatan akan terpantau CCTV.

Petugas Dishub juga dapat dengan mudah memonitor arus kendaraan dan suasana lalu lintas di sejumlah titik rawan macet dan kecelakaan terutama di kawasan Padalarang melalui monitor LED yang dipasang di Posko Dishub. Salah satu kelebihan CCTV yang dimiliki Dishub KBB yakni memiliki gambar beresolusi tinggi dan tidak putus-putus karena berbasis serat optik.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar