01 Juli 2016 | Denny - Redaksi | News

Dishub Jabar Bikin Aplikasi Monitoring CCTV untuk Pemudik

Sebuah langkah baru dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat bersama Polda Jawa Barat yaitu membuat aplikasi di ponsel pintar. Aplikasi ini ditujukan bagi para pemudik agar bisa memantau dan melaporkan kejadian pada arus lalu lintas secara langsung.

Aplikasi ini secara garis besar berisi sistem peringatan dini kepada para pemudik. Kepala Dishub Jabar, Dedi Taufik, mengatakan, Input data sistem peringatan dini itu diambil dari CCTV, bernama traffic counting elektrik yang tersebar di tujuh titik di jalur pantura, jalur tengah, dan jalur selatan, serta pantauan media sosial.

"Dari ketiga sistem itu nanti digabungkan dengan software yang sudah ada milik Polda Jabar. Nama softwarenya manajemen lantas. Nah nanti kami masukan tambahan data ke software itu sehingga bisa direspon pemudik," kata Dedi kepada wartawan di kantornya, Jumat (24/6/2016) lalu.

Dedi mengakui bahwa aplikasi tersebut memang belum memiliki nama. Namun jika selesai diuji coba, pihaknya akan segera mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mengunduh aplikasi ini dari ponsel pintar mereka dalam waktu dekat.

"Ya nanti di dalamnya ada informasi bencana, kejadian atau kecelakaan. Dan terobosan ini juga bisa membantu petugas pengamanan arus mudik untuk mendeteksi kemacetan sekaligus langsung bisa melakukan upaya untuk menanganinya," pungkas Dedi.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar