03 Juli 2016 | Denny - Redaksi | News

Telkom Smart City Mulai Diterapkan di Ngawi

Pemerintah Kabupaten Ngawi dengan Telkom Madiun telah sepakat untuk mengaplikasikan Telkom Smart City di kota tersebut. Bupati Ngawi Ir H Budi Sulistyono dan General Manager Telkom Madiun Putro Dewanto menandatangani nota kesepahaman ini di Pendopo Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Selasa (28/6/2016).

Executive Vice President Telkom Regional V Jatim Bali Nusra Suparwiyanto, mengatakan solusi smart city yang dihadirkan Telkom ini selain modern, efisien efektif, juga sudah dikondisikan dengan masing-masing daerah dengan memperhatikan kearifan lokalnya.

Pihak Telkom, jelas Parwi, telah menyiapkan solusi ICT terintegrasi untuk mensupport 3C (Connectivity, Content, dan Community) bagi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kota.

"Pasalnya setiap kota dan kabupaten memerlukan konten aplikasi tersendiri sesuai kearifan lokal masing-masing. Kami coba memberi solusi konten aplikasi yang juga customized, secara benar dan tepat," ungkapnya.

Parwi menyatakan, ada 3 kunci keberhasilan implementasi Smart City. Pertama, Smart Technology dengan pemanfaatan teknologi yang digunakan dengan infratsruktur cerdas, perangkat/hardware yang cerdas dan aplikasi solusi cerdas. Kedua Smart Resources, lewat pengelolaan sumber daya yang dlakukan dengan cerdas, efektif, efisien, mulai dari people, infratsructure, financial, time, dan lainnya. Ketiga, Smart Governance, adanya penggunaan sistem tata kelola dalam bisnis proses yang terintegrasi dan terukur.

Sementara itu, General Manager Telkom Madiun, Putro Dewanto mengungkapkan, pihaknya akan membangun titik-titik WiFi.id Public untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi secara cepat dan konten-konten aplikasi yang akan dibangun di atasnya.

“Selain itu, kami juga membangun Command Center, CCTV, LBA atau location based advertising dan contact center. Lalu, usai tahap pertama berjalan, berlanjut ke tahap berikutnya hingga tahap akhir termasuk tracking kendaraan dinas. Ngawi juga akan menjadi kota/kabupaten pertama di Indonesia yang memiliki Command Center,” bebernya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar