07 Juli 2016 | Desy - Redaksi | News

5 Teknologi Personal yang Dapat Berdampak pada Bisnis Anda

Dalam tahun-tahun belakangan ini, teknologi personal berkembang dengan pesatnya, melayani berbagai kebutuhan unik para penggunanya. Hal ini meliputi teknologi yang dapat dipakai (di tubuh), augmented reality dan virtual yang imersif, sensor dan app mobile, semua ini dapat berdampak signifikan terhadap bisnis Anda di tahun-tahun mendatang.

Menurut rilis dari Gartner, yang mengutip pidato Brian Blau, Research Vice President di firma tersebut, ada lima teknologi personal utama yang akan hidup lebih lama dari hingar-bingar saat ini dan terbukti menjadi bagian integral dari bisnis. Mereka juga relevan dari perspektif perangkat sistem keamanan.

1.    Virtual reality dan augmented reality yang imersif

Raksasa-raksasa teknologi seperti Google dan Microsoft sudah mencari cara untuk memanfaatkan teknologi imersif seperti virtual reality dan augmented reality untuk memperluas pengalaman pelanggan terhadap produk mereka melebihi media tradisional. Dalam hal ini, virtual reality diadopsi di pasar konsumen, tapi bagi bisnis, augmented reality lebih menarik.

Potensi untuk hal ini besar baik dalam lingkungan konsumen dan perusahaan,” kata Mr. Blau. “Pengalaman pengguna yang imersif memungkinkan keterlibatan kerja yang lebih dalam dan dapat membuka pintu terhadap perubahan tingkah laku,” tambahnya.

2.   Peralatan yang dapat dipakai (di tubuh) 

Jumlah peralatan yang dapat dipakai dan aplikasi potensial mereka semakin bertambah setiap hari. Dari kamera yang dipakai di kepala sampai sepatu atau jam tangan pintar, teknologi yang dapat dipakai mengeksploitasi kemungkinan yang ditawarkan tubuh manusia.

“Gartner memprediksi penjualan tahunan peralatan yang dapat dipakai akan melebihi 227 juta di tahun 2020, naik dari 88 juta tahun ini. Faktor bentuk akan berpindah dari besar ke yang tidak mencolok dan kegunaannya akan meningkat saat peralatan-peralatan tersebut mulai mengantisipasi kebutuhan dan keinginan pemakainya,” kata rilis tersebut.

3.  Sensor IoT personal

“Di tahun 2021, satu juta peralatan sensor IoT baru akan dibeli setiap jamnya, setiap hari,” kata Gartner dalam rilis tersebut.

Peralatan baru ini akan menyediakan beberapa kesempatan baru bagi bisnis seperti perawatan prediktif dan dukungan untuk hal-hal otonomi.

4.  Bot dan asisten personal virtual

Di masa depan, asisten virtual personal akan menjadi lebih umum, dan mereka akan berinteraksi dengan kita alih-alih dengan aplikasi mobile. Asisten pribadi akan menjadi link vital bagi konsumen dan bisnis saat mereka meningkatkan akses ke aplikasi, data, dan isi mereka.

5. Teknologi visi dan kamera canggih

Tahun ini dan seterusnya, kamera akan tetap menjadi prioritas utama vendor smart phone, menurut Gartner. Hal ini memiliki beberapa aplikasi perusahan.

“Misalnya, pelanggan asisten digital di toko ritel akan mengenali individual dari wajah dan suara di seluruh channel dan partner, membuktikan kesempatan untuk memperluas pengalaman di-dalam-toko,” begitu yang dinyatakan rilis tersebut.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar