18 Juli 2016 | Denny - Redaksi | News

5 Tips Sebelum Bangun Rumah Pintar

Tren rumah pintar atau smart home kini mulai merambah Indonesia. Konsep smart home mulai diminati karena menawarkan kemudahan bagi pemilik untuk mengendalikan seluruh bagian rumah dengan sistem yang terintegrasi dengan perangkat mobile seperti smartphone.

Namun setidaknya adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum Anda membuat rumah berkonsep smarthome agar bisa berfungsi efektif.

1. Sembunyikan kabel secara kreatif

Keberadaan kabel dinilai cukup berbahaya di dalam rumah jika tidak ditata dengan baik, apalagi bagi pemilik yang memiliki binatang peliharaan dan seorang anak kecil. Jadi pemikiran kreatif sangat diperlukan untuk menyembunyikan kabel.

2. Usahakan agar perangkat elektronik tak menonjol

Sebaiknya Anda tidak memamerkan beberapa perangkat elektronik seperti modem atau router ke dalam desain interior ruangan. Hal ini memungkinkan ruang Anda menjadi lebih baik dan terbuka.

3. Tempatkan router WiFi berkualitas tinggi

Jika router berhasil disembunyikan, wajib hukumnya untuk menggunakan WiFi berkecepatan tinggi. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga sistem smart home tetap berjalan dengan efisien.

4. Mencampurkan material

Penggunaan satu jenis material untuk mendukung sebuah rumah pintar sebaiknya dihindari agar tetap seimbang. Perhatikan jika Anda ingin menempatkan suatu material di dalam ruangan. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan bahan logam yang dingin di bahan material panas seperti kayu.

5. Cek konektivitas kembali

Sebelum Anda membeli gadget perangkat smarthome Anda, ada baiknya untuk meneliti terlebih dahulu konektivitas, apakah terhubung satu sama lain. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan membeli produk yang memiliki platform yang sama atau berada dalam brand yang sama.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar