19 Juli 2016 | Desy - Redaksi | News

5 Manfaat Menambahkan Audio dalam Keamanan Sekolah

Ketika mengimplementasikan solusi keamanan di sekolah, pengawasan video saja tidak selalu cukup. Terutama dalam insiden-insiden terbaru seperti penembakan di kampus, sistem video akan bekerja dengan lebih baik jika dipasangkan dengan solusi audio yang dapat mendeteksi ancaman dan memberi peringatan langsung kepada pihak berwenang.

Dalam buku putih yang baru-baru ini diterbitkan, Louroe Electronics membabarkan beberapa keuntungan kunci pemasangan solusi audio-visual:
 
1. Bukti Lebih
Menggabungkan audio dengan video memungkinkan pengumpulan informasi tentang tersangka atau tempat kejadian perkara dengan lebih detail.

“Suara, nama, bahasa yang diucapkan, dan petunjuk hanya sedikit contoh dari informasi apa yang bisa didapat,” tulis laporan tersebut. “Data tambahan ini penting bagi responden pertama saat mereka memperkirakan maksud tersangka dan level ancaman yang dihadapi.”
 
2. Monitoring yang Lebih Baik
Kamera tidak selalu menangkap setiap insiden atau ancaman, terutama di kampus besar dengan cakupan area yang terlalu luas. Solusi audio dapat berguna di sini sebagai sumber perlindungan tambahan.

Untuk mengimbangi titik buta atau staf terbatas, pasanglah peralatan audio di area umum sekolah dan di sekitar perimeter, terutama di area-area yang kameranya kurang, saran Louroe. “Solusi suara akan menangkap suara mencurigakan apa pun, selama dan setelah jam sekolah, dan akan memberi peringatan dini kepada para staf jika terjadi aktivitas yang mencurigakan.”

3. Pencegah Tindak Kejahatan
 Solusi audio tidak hanya berguna untuk pendeteksian, tapi juga dalam pencegahan kejahatan. Misalnya, dalam situasi di mana orang yang tidak diinginkan berjalan masuk ke dalam lingkungan sekolah setelah jam sekolah, audio dua-arah memungkinkan personel keamanan berbicara langsung dengan individu tersebut dari jarak jauh.

“Mampu berkomunikasi langsung dapat menjadi peringatan kuat yang menghalangi pelanggar merusak properti atau melakukan pelanggaran lain,” kata laporan tersebut.
 
4. Menyelesaikan Perselisihan
Ketika terjadi perselisihan antara dua pihak tentang apa yang sebenarnya terjadi, solusi audio dapat sangat berguna. Terutama dalam kasus-kasus  bullying di mana banyak ejekan verbal dilontarkan. Dengan sistem audio yang tepat, pihak berwenang dapat mengidentifikasi siapa yang salah dan siapa yang menjadi korban.

“Memasang mikrofon di tempat ramai di sekolah atau titik-titik interaksi menyediakan akuntabilitas dengan mendokumentasikan apa yang dikatakan, yang nantinya dapat digunakan untuk menyelesaikan perselisihan atau menenangkan individu yang diejek secara verbal,” laporan tersebut menambahkan. “Untuk area-area ramai kampus yang berada di bawah pengawasan, pastikan kameranya dipasangkan dengan mikrofon eksternal. Pastikan mikrofonnya dipasang di dekat area atau objek yang diinginkan untuk performa optimal.”

5. Investasi yang Baik

Mengintegrasikan audio ke dalam sistem keamanan dapat menjadi pembaruan yang berbiaya efektif, menurut Louroe. Dalam beberapa kasus, hal ini sama mudahnya dengan menambahkan mikrofon ke kamera yang sudah ada, sementara di kasus lain solusi ini dapat diitegrasikan dengan solusi kamera atau solusi kontrol akses.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar