19 Juli 2016 | Denny - Redaksi | News

Mengintip Ruang Kontrol Milik Pemkot Makassar

Suasana War Room milik Pemkot Makassar

Ruang kontrol milik Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sempat menjadi bahan pembicaraan karena mampu mencegah tindakan asusila sepasang muda mudi di kawasan Fort Rotterdam. Setelah aksi bejat tersebut tertangkap oleh kamera CCTV, petugas pun segera meluncur untuk mencegahnya.

Lalu seperti apa suasana ruangan yang disebut juga sebagai War Room tersebut? Terletak di lantai 10 Kantor Balai Kota Makassar, War Room dilengkapi dengan sebuah layar lebar. Dari layar tersebut, terpantau beberapa kondisi dari kamera CCTV yang ditempatkan di 69 titik strategis di seluruh kota.

Fungsi utama ruangan yang diresmikan sejak tahun 2015 ini adalah pemantauan kota. Untuk itu, jumlah kamera CCTV hingga tahun depan ditargetkan untuk diperbanyak hingga 700 buah.

Kamera pemantau yang dikontrol dari ruangan ini dapat melakukan pembesaran gambar hingga berkali-kali lipat. Untuk hasil gambar baik ketika gelap, kamera ini juga dilengkapiteknologi infra merah dan dapat berputar hingga 180 derajat.

Selain itu, War Room diklaim mampu menyimpan data rekaman hingga 5 tahun. Untuk mendukung layanan publik lainnya, ruangan kontrol ini dilengkapi pula dengan tampilan data kependudukan, pemantauan cuaca dan iklim, serta aplikasi tracking GPS pada semua kendaraan layanan publik milik Pemkot Makassar.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar