26 Juli 2016 | Reza - Redaksi | News

Gorontalo Bakal Adopsi Konsep Smart City Semarang

Kota Gorontalo berencana mengadopsi konsep Smart City yang telah diterapkan kota Semarang. Konsep Smart City yang diterapkan oleh kota penghasil Lumpia itu dinilai sukses dan layak dijadikan contoh oleh kota-kota lainnya di Indonesia.

Seperti diketahui, kota berjuluk  Venetië van Java itu telah mengembangkan 148 sistem pendukung pengembangan Smart City yang mempermudah layanan pemerintah. Mulai dari Sistem Informasi Perencanaan Daerah, Sistem Informasi Monitoring Evaluasi, Pelaporan Warga Online terintegrasi, Aplikasi CCTV Publik serta sistem perizinan bangunan yang dapat diurus tanpa perlu datang ke kantor pemerintah.

“Saya senang Mas Hendi mau datang untuk berbagi dengan Apeksi Komwil VI. Semarang, Surabaya, Bandung, dan Makassar adalah kota dengan indeks Smart City tinggi. Ini baik untuk Kota Gorontalo yang baru akan menuju Smart City,” kata Wali Kota Gorontalo Marten Taha, yang juga Ketua Apskeis Komwil VI, di Rumah Dinas Wali Kota Gorontalo.

Menanggapi itu, Walikota Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan siap berbagi ilmu dan pengalaman dengan kota-kota lainnya di Indonesia. "Komitmen kami adalah Semarang Smart City untuk Indonesia Smart City. Maka kami siap menyumbangkan seluruh sistem pendukung Smart City yang telah berjalan di Kota Semarang secara gratis untuk dikembangkan  di kota lain, " ujar Politisi PDI Perjuangan itu.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar