27 Juli 2016 | Desy - Redaksi | News

Solusi IP Bantu Sektor Ritel Mengenal Konsumen Lebih Baik

Solusi pengawasan video modern dalam sektor ritel tidak hanya mengenai keamanan, tapi juga tentang memahami pola perilaku pelanggan dan menggunakannya untuk meningkat bisnis. Dalam banyak cara, hal ini adalah tentang memahami bagaimana pelanggan berpikir.

Dalam laporan terbarunya, Johan Åkesson, Direktur Pengembangan Bisnis Ritel di Axis Communications, menjelaskan bagaimana mempelajari pola perilaku pelanggan menjadikan bisnis lebih baik. Jauh melebihi dari sekadar alat untuk mengawasi toko, jaringan kamera IP dengan solusi analitik yang tepat dapat membantu memahami pelanggan.

“Ketika Anda memahami cara pikir pelanggan Anda, Anda dapat memahami lebih baik cara belanja mereka,” kata Åkesson. “Dari mengetahui rute paling populer yang diambil ketika mereka berjalan di toko, sampai mencari tahu area yang paling tidak sering dilewati dan di mana para pelanggan berdiam paling lama; dengan memahami cara pikir mereka Anda dapat dengan mudah menyesuaikan toko Anda untuk memfasilitasi kebutuhan mereka.”

Dia menunjuk dua area besar di mana solusi IP berperan besar dalam sektor ritel.

Pemetaan panas untuk mengidentifikasi tempat-tempat populer

Jaringan kamera IP dapat membantu pelaku ritel mempelajari waktu tunggu yang dapat memberikan gambar “pemetaan panas” kepada manajer toko.

“Ini bisa menjadi informasi yang sangat berharga dalam menentukan apakah seorang pelanggan memang membaca informasi di kemasan atau apakah mereka kesulitan menemukan barang tertentu, dan ini bisa sangat krusial dalam membuat penjualan,” kata Åkesson.

Begitu juga ada cara-cara mempelajari rute yang disukai pelanggan di dalam toko. Dengan teknologi pemetaan panas, pergerakan pengunjung di toko dilacak oleh jaringan kamera IP dan ditampilkan kepada staf menggunakan gambar ilustrasi untuk menandai jalur utama yang diambil pelanggan.

“Informasi yang didapat dari pemetaan panas dapat digunakan untuk memutuskan di mana produk paling populer harus diletakkan untuk memastikan akses yang mudah bagi pelanggan, begitu juga dengan area terbaik untuk memajang barang-barang yang ingin dijual dengan cepat. Pemetaan panas bahkan juga dapat digunakan untuk menghindari penumpukan, dengan begitu memaksimalkan penjualan.”

Pemonitoran antrean untuk mengurangi waktu tunggu
 
IP network cameras can be integrated with queue management solutions that give data on queue length, waiting and total checkout times.

Jaringan kamera IP dapat diintegrasikan dengan solusi manajemen antrean yang memberikan data tentang durasi antrean, waktu tunggu, dan total waktu checkout.

“Informasi ini dapat membantu manajer toko menganalisis jumlah optimal kasir dan mengimbangi dengan jumlah staf selama masa-masa ramai, dengan begitu memungkinkan peningkatan keuntungan sembari tetap mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan. Dengan bekerja seperti ini, manajer toko dapat menjadi yang pertama tahu tentang kemungkinan kemunduran dan bertindak untuk menghindari situasi ini menjadi tidak terkendali.”



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar