27 Juli 2016 | Desy - Redaksi | News

Tak Perlu Penjaga Lagi: Robot ini dapat Mengendus, Mendeteksi, dan Memperingatkan

Gabungan upah yang tinggi dan kekurangan staf saat ini mendorong permintaan terhadap robot keamanan di seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan yang memproduksi mesin ini memastikan robot mereka memiliki sebanyak mungkin teknologi tercanggih di dalamnya.

Salah satu robot ini adalah SAM dari Robot Security Systems yang berbasis di Belanda. SAM adalah robot mobile yang dapat mengawasi, mendeteksi, dan memberi laporan. SAM memiliki dua roda dan motor independen dan dijejali dengan sensor, software, dan perangkat elektronik terbaru.

SAM juga memiliki sebuah bay sensor bebas yang mengakomodir sensor yang dapat ditambahkan untuk mendeteksi racun, karbon oksida, radiasi, asap, dan sebagainya. “SAM mendengus, mendeteksi, dan memperingatkan,” komentar perusahaan tersebut.

Bicara pada asmag.com, Edwin Lustig, Direktur Robot Security Systems menjelaskan apa yang membuat SAM menonjol dari saingannya.

“Ada beberapa hal yang kami lakukan dengan berbeda,” kata Lustig. “Pertama-tama, jika Anda ingin mendeteksi manusia, sebagian besar robot harus berdiri diam. Hal ini terjadi karena mereka menggunakan teknologi standar. Tentu saja, ada banyak kamera di dunia yang dapat mengenali manusia, tapi mereka cenderung berdiri diam dan selagi robot bergerak Anda tidak dapat menggunakan teknologi itu. Kami menciptakan sebuah algoritma yang sejalan dengan kamera thermal kami untuk mengenali orang ketika bergerak. Hal ini membuat perbedaan besar karena Anda tidak perlu berhenti setiap kali menengok.”
 
“Hal lain adalah kami membuat robot ini untuk bereaksi ketika ada peringatan,” lanjut Lustig. “Kami membuat koneksi ke sistem penyusup gedung dan SAM akan mengetahui setiap tempat dari setiap sensor. Misalnya, jika Anda membuka pintu depan dan alarm menyala, sistem alarm akan memberi tahu SAM jalan yang menuju ke sana.”

Perbedaan ketiga adalah bahwa robot ini cukup dekat ke tanah, dan hal ini memungkinkannya bepergian lebih cepat daripada robot sejenisnya.

Perusahaan tersebut memiliki pelanggan di tiga vertikal utama saat ini: pusat distribusi, pusat data, dan mal. Lustig mengatakan beberapa pelanggan bahkan telah menggunakannya di kantor, walaupun sektor itu bukan fokus utama mereka.
 
Faktor-faktor yang mendorong permintaan
 
Kenaikan upah adalah salah satu faktor utama yang mendorong permintaan terhadap robot, menurut Lustig. Tapi yang lebih penting lagi, faktor keandalanlah yang menjadi kunci. 

“Menurut saya, normalnya adalah masalah gaji, manusia menjadi semakin mahal,” ujar Lustig. “Tapi saya rasa alasan utamanya adalah masalah keandalan. Dari zaman dahulu, salah satu kebutuhan pertama manusia adalah rasa aman. Itulah alasan kita menciptakan keamanan kita sendiri dengan berbaring terjaga di samping api unggun, berjaga di malam hari. Tapi sungguh, kita tidak cocok menjadi penjaga yang baik. Perhatian kita cenderung teralihkan, kita cenderung lebih memilih melihat Facebook daripada melakukan pekerjaan kita.”

Perusahaannya mendapat permintaan dari berbagai belahan dunia, tapi Lustig mengatakan Timur Tengah adalah pasar utama mereka saat ini.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar