04 Agustus 2016 | Reza - Redaksi | News

Sidak Tempat Karaoke, Kantor Damkar Kupang Siap Berikan Pelatihan Tanggap Kebakaran

Latihan Pemadam Kebakaran

Baru-baru ini Kepala Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kupang, Halen Rwoe melakukan inspeksi mendadak. Tujuan inspeksi ini untuk memastikan sistem keamanan dan penanggulangan kejadian kebakaran di sejumlah gedung yang ada di kota Kupang. 

Dari sejumlah gedung, tempat hiburan dan rumah sakit menjadi fokus utama. Terkait tempat hiburan, gedung yang memiliki tempat karaoke dinilai paling rentan dengan peristiwa kebakaran. Karena di tempat karaoke, para pengunjung gedung bebas merokok, dan kerap membuang sisa puntung rokok ke tempat sampah sehingga berpeluang terjadinya kebakaran.

"Selama empat hari kami melakukan inspeksi ke semua tempat karaoke di Kota Kupang. Kita akan melihat apakah ada pintu darurat untuk jalur evakuasi, pemasangan alarm di setiap ruangan karena ruangan yang ada adalah ruangan kedap suara. Jangan sampai setelah ada peristiwa kebakaran lalu pengunjung keluar dan kaget. Dengan adanya alarm maka pengunjung bisa segera tahu," ujarnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, Damkar Kota Kupang juga siap membantu rumah sakit di Kota Kupang maupun di seluruh NTT yang akan diakreditasi dalam hal pencegahan dan penanggulangan kebakaran di rumah sakit. Pihaknya bisa memberikan pelatihan, simulasi dan membuat jalur evakuasi, penempatan alat pemadam api ringan (APAR) di setiap ruangan dan berapa berat APAR yang sesuai.

"Kantor pemadam kebakaran di NTT hanya satu yakni di Kota Kupang karena itu kalau ada rumah sakit yang ingin akreditasi maka kami bisa membantu dengan memberikan rekomendasi untuk akreditasi dalam hal pencegahan dan penanggulangan kebakaran.”



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar