06 September 2016 | Reza - Redaksi | News

Perilaku Pelajar Di Kabupaten Tanggamus Akan Diawasi Kamera CCTV

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanggamus berencana akan memasangkan sejumlah kamera pengawas (CCTV) di kawasan kantor Disdikbud dan di seluruh gedung sekolah yang berada di Kabupaten Tanggamus. Keberadaan kamera CCTV, dinilai sebagai solusi yang efektif dan efisien untuk melakukan pengawasan kinerja pegawai negeri sipil di lingkup pendidikan. Selain itu, dengan adanya kamera CCTV di setiap sudut bangunan sekolah, dapat mengurangi kenakalan siswa saat jam belajar atau istirahat.

Terlebih lagi, dengan adanya CCTV potensi perilaku curang siswa ketika ujian dapat berkurang. Selain itu, para guru pun akan lebih disiplin dalam melaksanakan tugasnya karena akan selalu dipantau dan Disdik akan melakukan penilaian terhadap kinerja guru nantinya menggunakan rekaman yang ada dalam CCTV. “Tidak hanya kinerja tenaga didik, tapi seluruh perangkat kependidikan akan kita pantau melalui CCTV, baik di sekolah maupun di Disdik itu sendiri sehingga nantinya semua akan berkerja dengan maksimal,” terang Sekretaris Disdikbud Tanggamus, Gandung Hartadi.

Akan tetapi, dirinya (Gandung, red) tidak dapat memaksakan apabila nantinya terdapat sekolah yang keberatan karena tidak mempunyai biaya untuk membeli CCTV. Oleh sebab itu, sebagai langkah awal pihaknya pun akan mengadakan sekolah percontohan atau pilot project penggunaan CCTV. “Ya kami tidak bisa paksakan jika ada sekolah yang tidak bisa merealisasikan CCTV karena memang keterbatasan anggaran. Paling kami akan mensasarkan kepada sekolah mapan baik tingkat SD,SMP ataupun SMA,” ucapnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar