07 September 2016 | Reza - Redaksi | News

Siemens Indonesia Tawarkan Solusi Mengurai Kemacetan

Siemens Indonesia meyakini bahwa teknologi yang mereka miliki telah siap untuk menyokong program pemerintah dalam menerapkan konsep smart city di sejumlah kota di tanah air. Dari sederet teknologi yang dimiliki, Traffic Management System menjadi  salah satu teknologi yang diunggulkan, sekaligus diklaim mampu mengurai kemacetan, yang sudah menjadi permasalahan klasik lalu lintas kota-kota besar.

Melalui situs resminya, Helman Trisakti, Vice President Divisi Mobilitas PT Siemens Indonesia, mengatakan saat ini Siemens tengah berancang-ancang menerapkan sistem teknologi yang nantinya mampu menguraikan kemacetan. Menurut Helman, teknologi traffic management yang ditawarkan Siemens menyuguhkan beberapa fitur yang sejalan dengan konsep smart city yang tengah diteraokan di beberapa kota di Indonesia.“Sistem traffic management merupakan teknologi berbasis sensor-sensor yang dipasang di persimpangan jalan. Nantinya, sensor itu dengan sendirinya akan beradaptasi dengan kondisi lalu lintas.”

Helman mengatakan ketika sistem itu dipasang di perempatan jalan yang menggunakan sistem lampu lalu lintas, dengan sendirinya, sensor akan berfungsi mengatur kondisi lalu lintas. Dengan kata lain, pergantian lampu lalu lintas tidak monoton, melainkan disesuaikan dengan antrean kendaraan. “Solusi teknologinya pun adaptif. Artinya, dia menentukan lamanya lampu lalu lintas berdasarkan kondisi real, berapa jumlah mobil, kecepatan, dan yang lainnya, sehingga dia bisa menentukan kapan saat tepatnya pergantian lampu lalu lintas.” 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar