07 September 2016 | Reza - Redaksi | News

Kabupaten Bulukumba Jadi Prioritas Smart City Tahun 2017

Kantor Bupati Bulukumba

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrat (Menpan-RB), memasukkan Kabupaten Bulukumba dalam prioritas Smart City tahun 2017. Dengan mengusung konsep smart city diharapkan dapat memudahkan akses bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi birokrat dan manejemen pengelolaan sistem pelayanan yang ada di Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dan berbagai ruang publik dan pelayanan di Bulukumba.

Menanggapi itu, Bupati Bulukumba, A M Sukri Sappewali mengaku senang sekaligus bangga karena kabupaten yang ia pimpin mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat. Dia meyakini, ragamnya potensi yang dimiliki Bulukumba seperti sektor pariwisata wisata alam, sektor pertanian dan budaya menjadi bahan pertimbangan pemerintahan pusat. “Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri buat kita warga Bulukumba. Apalagi dari pertemuan ini kita juga bertemu dengan Kementerian desa, kita akan mendapatkan bantuan dana khusus untuk membentuk satu desa percontohan pengelolaan ADD,” jelas A M Sukri saat menghadiri Indonesia Smart City Forum 2016 di Bandung, baru-baru ini.

Konsep smart city yang nantinya diusung Bulukumba, mencakup sederet program elektronik mulai dari penyusunan KUA-PPAS, pembahasan APBD yang mekanismenya dikerjakan secara terpadu dan sinergi melalui elektronik yang online dengan SKPD, Camat, Lurah sampai masyarakat, termasuk pengelolaan keuangan dan PAD. Selain itu sistem ini nantinya akan online juga dengan Rumah Sakit, KTP, Pelayanan umum lainnya, lalu lintas dan kecelakaan. “Jadi kita juga berharap nantinya seluruh aktifitas di Bulukumba, bisa dikontrol dalam satu ruangan.”



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar