08 September 2016 | Denny - Redaksi | News

Inilah Radar yang Ampuh Mengusir Drone Nakal

SpotterRF A2000, radar penangkal drone

Keberadaan pesawat tanpa awak (drone) yang kerap  terbang di atas fasilitas pribadi orang lain tentu saja menghadirkan rasa gangguan tersendiri. Untuk itu, Spotter RF, sebuah perusahaan radar pemantau, telah meluncurkan perangkat radar terbaru yang berukuran kompak.

Dinamakan radar A2000, perangkat ini berfungsi untuk mendeteksi kehadiran drone sekaligus mengusirnya. Drone dapat dilacak ketika sudah memasuki area pelacakan radar pada radius 1.000 meter. Untuk menguji ketangguhannya, radar A2000 telah diuji di beberapa tempat yang melarang kehadiran drone seperti bandara, stadion, jembatan, bendungan dan lain sebagainya

Pertumbuhan drone memang sangat cepat, namun untuk sebagian alasan, penggunaan drone memang sangat membahayakan manusia, objek vital, maupun rawan digunakan teroris. Untuk itu perusahaan pembangkit energi dan pemadam kebakaran kerap memakai radar kami untuk menangkal drone namun dengan biaya yang murah," ucap Logan Harris, CEO SpotterRF.

Radar A2000 bekerja melalui aplikasi pengawasan dua dimensi. Sudut pandang radarnya berada pada 15 derajat vertikal dan 45 derahar horisontal. Hal ini untuk memastikan setiap drone yang terbang di dalam area perimeter radar mudah terdeteksi.

Setelah itu, radar ini bisa diatur apakah hanya untuk melumpuhkan atau mengusirnya. Dalam mode pelumpuhan, setiap drone yang masuk area radar tak akan mampu mengambil gambar foto atau video. Sedangkan jika ada drone yang mencurigakan, radar ini mampu memutus sinyal antara drone dengan alat pengontrolnya, sehingga menyebabkan drone langsung jatuh atau kembali ke pemiliknya.

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar