09 September 2016 | Reza - Redaksi | News

Lintasarta Siap Dukung Indonesia Menjadi Smart Nation

Ilustrasi Konsep Smart Nation

Dalam Indonesia Smart City Forum (ISCF) 2016 yanng berlangsung pada tanggal 2 dan 3 September lalu di Bandung, telah menghasilkan kesepakata terkait integrasi konsep dan platform smart city sebagai fondasi Indonesia Smart Nation. Selain itu, disepakati juga soal kolaborasi dan sinergi pembangunan smart city antar daerah, sinergi pelayanan pendidikan, bisnis, pemerintahan dan komunitas berbasis teknologi serta berbagi aplikasi untuk mempercepat dan mengefisensikan pembangunan smart city.

Menanggapi itu, Arya Damar, Presiden Director PT Aplikanusa Lintasarta menuturkan dalam upaya percepatan dan pemerataan penerapan smart city memerlukan dukungan sebuah platform yang berbasis cloud, sehingga memungkinkan pemerintah daerah membuat, mengembangkan, menguji coba, dan mengelola aplikasi tanpa perlu berinvestasi infrastruktur seperti storage, server, operating system dan middle ware.  “Lintasarta memiliki solusi Smart City Cloud Platform, di mana pengembangan aplikasi dapat dimulai secara cepat hanya dua hingga tiga hari, tidak perlu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.”

Selain itu, Lintasarta juga memiliki solusi terbaik lainnya dalam mendukung penerapan smart city, di antaranya Intelligent Command Center (ICC) dan Intelligent Video Analytics (IVA). ICC merupakan salah satu komponen terpenting bagi pemimpin daerah untuk mengetahui kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Data dari ICC merupakan hasil integrasi dari berbagai aplikasi di internal SKPD serta masukan langsung dari masyarakat melalui media sosial, call center, dan aplikasi tanggap darurat.

Sedangkan solusi IVA dapat memaksimalkan infrastruktur IT daerah seperti kamera CCTV untuk fungsi pengawasan serta penegakan hukum. CCTV akan diintegrasikan dengan komponen Intelligent Computing yang memiliki kemampuan indexing sehingga dapat mengidentifikasi berbagai karakteristik tidak hanya manusia saja tetapi juga objek seperti warna, benda padat atau cair, maupun asap. “Data video CCTV yang dubutuhkan akan cepat didapat dan dapat segera dianalisis. Contohnya, daerah atau jalan yang sering terjadi pelanggaran lalu lintas atau aksi kriminial.”



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar