10 September 2016 | Reza - Redaksi | News

Waspadai Virus Zika, Sejumlah Bandara Andalkan Teknologi Thermal Scanning

Petugas Bandara Tengah Mengawasi Suhu Tubuh Penumpang

Sejak dikeluarkannya rilis terkait virus Zika dari Kementerian kesehatan Singapura dengan jumlah 41 kasus, Indonesia mewaspadai sekaligus mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Apalagi di musim pelaksanaan ibadah haji, yang mana rute penerbangannya transit di Singapura, memperbesar potensi masuknya virus tersebut ke Indonesia.

Maka dari itu, pemerintah mengetatkan bandara sebagai pintu masuk ke wilayah Indonesia, seperti yang dilakukan di bandara Adi Soemarmo, Solo. Teknologi Thermal Scanning dipergunakan untuk memantau suhu tubuh para pengguna bandara. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang, Priagung Adhi Bawono, mengungkapkan langkah ini merupakan upaya kewaspadaan menyusul semakin meningkatnya jangkitan virus Zika di Singapura.

"Kalau ada penumpang yang terdeteksi suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat celcius, demam, alat ini akan menunjukkan warna merah di gambar tubuhnya. Kita akan isolasi dan berikan treatment, dan dibawa ke rumah sakit rujukan yang sudah kita siapkan. Para penumpang di terminal kedatangan internasional dari negara yang terjangkit virus Zika juga kita berikan kartu khusus untuk memanntau kondisi kesehatannya jika sudah pulang di daerahnya. Kalau ada gejala mirip gejala virus Zika, akan segera terdeteksi,” ujarnya.

Hal serupa juga dilakukan oleh otoritas Bandara Kualanamu, khususnya di terminal kedatangan Internasional untuk mengantisipasi masuknya virus zika ke Sumatera Utara. Manager Humas dan Protokoler Bandara Kualanamu Wisnu Budi Setianto mengatakan sejak diterapkan hingga saat ini dapat dipastikan virus Zika belum masuk ke wilayah Sumatera Utara. "Sampai saat ini belum kita temukan virus zika yang masuk ke Sumut karena ciri-cirinya belum kita temukan dari penumpang."

Sekadar catatan, teknologi ini terdiri dari seperangkat kamera yang sudah didukung software analitik. Kemudian kamera terhubung dengan dua buah monitor. Satu monitor terpasang pada dinding sedangkan monitor lainnya digunakan petugas untuk memantau secara detail. 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar