13 September 2016 | Reza - Redaksi | News

Ribuan Kamera CCTV Awasi Pelaksanaan Ibadah Haji

Suasana Tawaf Di Masjidil Haram

Musim pelaksanaan ibadah haji telah tiba. Jutaan manusia akan berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji di Saudi Arabia. Pelaksanaan ibadah haji tahun ini masih dibayang-bayangi ketakutan akan dua insiden yang terjadi pada pelaksanaan ibadah haji tahun sebelumnya, yang menimpa para jemaah haji di Mekkah dan Mina. Sedikitnya 2.464 orang jamaah haji tewas dalam tragedi Mina tahun lalu. Beberapa jamaah haji yang baru tiba mengaku khawatir insiden serupa terulang pada tahun ini. 

Untuk itu pada tahun ini Direktur Departemen Ekspatriat Arab Saudi Muhammad al Anzi menerapkan beberapa cara untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan. Jamaah haji juga akan diberikan gelang elektronik agar lebih mudah diawasi serta dikendalikan pergerakannya. Gelang tersebut juga akan berisi identitas personal dan informasi riwayat medis. Selain itu, lebih dari 1.000 unit kamera pengawas akan disebar di sejumlah titik-titik vital.

Al Anzi melanjutkan, jika ada jamaah haji yang berusaha memasuki tempat-tempat suci tanpa izin, mereka akan disidang serta dihukum dalam jangka waktu 24 jam. “Vonis penjara dan denda terhadap jamaah ilegal akan dikeluarkan dalam waktu 24 jam,” tegasnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar