16 September 2016 | Reza - Redaksi | News

Jaga Kamtibmas, Kapolres Sumbawa Barat Canangkan Poskamling Digital

Ilustrasi

Sejalan dengan program Promoter (Profesional, Modern dan Tepercaya) Kapolri Jenderal Tito Karnavian, seluruh jajaran kepolisian terus mengupayakan segala kemampuan dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman demi tercapainya Keamanan dan Ketertiban Masyrarakat (Kamtibmas). Terkait itu, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan mencanangkan program Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) berbasis IT.

Dengan demikian, ke depannya diharapkan pelayananan tanggap darurat untuk berbagai bentuk bencana bisa terwujud dengan baik. Sebut saja, kecelakaan lalu lintas yang kerap memakan korban jiwa dan luka luka atau kebakaran yang kerap datang tidak diduga-duga. Lebih lanjut Andy menjelaskan, jadi nantinya akan ada poskamling di desa, dibuat lengkap dengan standarisasi IT yang memadai. Yang mana dilengkapi sederet perangkat pendukung sistem keamanan. Antara lain, tombol darurat yang disebut Tombol krepo (Tokrep), CCTV, alarm bahaya bencana, alarm kebakaran dan lain lain.    

Nantinya, sambung Andy, warga tinggal mengisi identitas dan nomor telepon diaplikasi yang bisa didownload di Play Store. Cara kerjanya, jika tombol ditekan server langsung melacak posisi TKP dan lokasi Anda. Data server akan langsung terkoneksi dengan polisi terdekat dan ambulans jika kecelakaan. Khusus kebakaran, warga cukup menekan tombol di Poskamling Modern,  sehingga sirene pun berbunyi. Data tombol alarm akan masuk juga di polsek dan aparat penanggulangan bencana, baik di desa atau di kecamatan.

“Kami sudah merancang dan menyusun perangkat teknologi aplikasi berbasis android atau jaringan informasi kedaruratan. Tujuannya, agar situasi darurat bisa langsung terkoneksi dengan server dan tersambung langsung dengan ambulance, pemadam hingga polisi terdekat. Jadi korban kebakaran, kecelakaan dan bencana bisa langsung ditangani unit terdekat” terangnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar