19 September 2016 | Denny - Redaksi | News

INTELLOS, Drone di Darat Penjaga Keamanan dari Sharp

Sharp INTELLOS

Sebuah alat drone darat tanpa awak (Automated Unmanned Ground Vehicle) baru-baru ini diluncurkan di pameran keamanan ASIS, Orlando, Amerika Serikat. Kain penutup drone yang dinamakan INTELLOS ini dibuka secara resmi oleh Cliff Quiroga, GM Sharp Robotic Business Development, Senin (12/9/2016) lalu.

INTELLOS sendiri adalah sebuah drone yang beroperasi di daratan dengan beragam kemampuan. Mulai dari merekam video, audio dan data kondisi di lokasi. Data tersebut kemudian dihimpun sebagai bahan untuk pengawasan keamanan, ataupun untuk mengobservasi keadaan gawat.

“Kami menemukan sebuah celah bahwa segmen drone di darat ini belum ada yang menggarap, padahal permintaan pasar cukup tinggi," ujar Quiroga saat memberikan sambutan.

Dia juga menjelaskan, tak seperti robot yang dikendalikan pada umumnya, drone ini adalah robot yang bisa beroperasi sendiri tanpa bantuan tenaga manusia untuk mengontrolnya.

"Jadi drone ini beroperasi sendiri setelah mendapat program, jadi bisa berkeliling mengawasi area yang luas dengan bantuan kamera thermal yang sudah terpasang. Namun seorang operator tetap dapat mengontrolnya dari pusat," jelas Quiroga lagi.

Uniknya lagi, INTELLOS tak hanya dapat membawa kamera sebagai 'senjata', namun juga bisa dilengkapi dengan detektor gas atau kimia untuk mengidentifikasi hadirnya ancaman keselamatan.

Sebagai standarnya, INTELLOS sudah dilengkapi sirine, lampu tembak dan bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui saluran interface. Sumber tenaga dari drone yang menyerupai kendaraan ruang angkasa ini adalah baterai lithium ION.

"Kami berharap drone INTELLOS ini dapat diandalkan untuk mengamankan keselamatan manusia, aset-aset penting dan juga infrastruktur vital. Semoga robot drone ini sudah sampai di tangan konsumen mulai awal 2017 mendatang," tambah Doug Albregts, President, CEO dan Chairman Sharp Electronics.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar