20 September 2016 | Reza - Redaksi | News

Pentingnya Peranan Sebuah Aplikasi Dalam Era IoT

Foto : Ilustrasi Konsep Internet of Things

Perkembangan teknologi terus berjalan tanpa bisa dibendung. Saat ini bisa dibilang kita sudah memasuki era Internet of Things atau lebih dikenal dengan istilah IoT. Sederhananya, di era IoT ini, beberapa perangkat menjadi terhubung satu sama lain melalui koneksi internet. Saat menyinggung soal IoT, sudah tentu membicarakan bagaimana seseorang bisa mengoperasikan dan mengelola beberapa perangkat sekaligus untuk beragam kebutuhan dan kegiatan. Adapun contoh sederhana lainnya, misalnya, seseorang bisa menyalakan dan mematikan lampu di rumahnya, meski dia sedang tidak di rumah. 

"Sekarang ini orang bisa punya IoT di mobil (smart car). Orang bisa punya IoT di rumah (smart home). Orang bisa juga punya IoT di kantor (smart office). Bila seseorang punya IoT di kantornya, contohnya, orang itu bisa melakukan banyak hal terhadap kantornya," tutur President and Chief Operating Officer Lenovo, Gianfranco lanci.

Dia menambahkan, kebanyakan masyarakat masih awam dengan makna dari Iot itu sendiri. Mayoritas orang memandang IoT hanya sebatas komunikasi antara mesin ke mesin (Machine to Machine atau M2M). Masih banyak yang belum memahami bagaimana sebeneranya proses pemanfaatan IoT dari sisi back-end. Maka dari itu, janganlah memandang IoT dari sisi perangkat, karena faktanya perangkat hanyalah bagian dari IoT bukan esensi.

"IoT berarti cloud. IoT berarti integrasi perangkat dengan cloud. IoT juga berarti aplikasi. Perangkat memang penting, tapi aplikasi lebih penting, karena sebanyak apa pun perangkat dimiliki pengguna, jika aplikasinya tidak ada, tak akan ada yang namanya IoT.Saya rasa IoT sangat penting. Ini akan menjadi bagian dari hidup kita," kata Gianfranco.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar