24 September 2016 | Reza - Redaksi | News

Mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Padang Rancang Sistem Parkir Pintar

Foto : Sistem Parkir Pintar, License Plate Recognition

Resah dan gelisah, demikianlah yang dirasakan oleh Achmad Gazhali Kadir menanggapi meningkatnya kasus pencurian kendaraan bermotor. Dari rasa itu, mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang berinisiatif mencarikan solusi yang tepat untuk menanggulangi aksi pencurian kendaraan.

Usahanya mencari solusi berbuah manis, dia berhasil menciptakan sistem parkir pintar yang terintegrasi, sehingga mudah diawasi. Aplikasi yang dirancang sejak Desember 2015 oleh anak sulung lima bersaudara ini memiliki sistem kerja yang sangat sederhana. Begitu kendaraan memasuki areal parkir, maka secara otomatis kamera kecil akan mendeteksi nomor pelat kendaraan.

Setelah itu, pelat nomor kendaraan akan tersimpan dalam database. Hasilnya, karcis akan muncul dengan sendirinya. Tidak perlu menekan tombol untuk membuka palang parkir. “Begitu juga kalau keluar. Alat deteksi ini akan mengecek kembali database yang terhimpun. Kalau tidak cocok, palang tidak akan terbuka,” jelasnya.

Lebih jauh dia menceritakan, aplikasi itu tercipta menggunakan pemprograman python. Mula-mula, lelaki asal Sengkang ini memasukkan video stream yang diproses melalui beberapa tahap. Setelah lokasi diperoleh, masuk ke proses pencocokan karakter dan huruf pelat. Karakter dan huruf itulah yang nantinya tersimpan dalam database.

Pencapaiannya dalam menciptakan sistem parkir pintar ini belum membuatnya berpuas diri. Mahasiswa program studi Teknik Komputer Jaringan ini tengah mengembangkan aplikasinya dengan menambahkan fitur pendeteksian wajah, khususnya pada bagian pupil mata. “Kalau ada kendaraan yang keluar, tetapi wajah pengendara dan pelat tidak sama, gampang ditangani pihak keamanan,” tutupnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar