26 September 2016 | Denny - Redaksi | News

Alibaba Segera Pakai Biometrik Bola Mata untuk Keamanan Transaksi

Perekaman bola mata

Situs online market ternama di dunia, Alibaba, mengumumkan telah membeli EyeVerify antara 70-100 juta dolar Amerika Serikat (AS), Rabu (14/9/2016) lalu. EyeVerify adalah sebuah perusahaan berbasis keamanan biometrik dari Missouri, AS. Langkah ini mengindikasikan bahwa Alibaba di masa mendatang akan menggunakan keamanan biometrik pada setiap transaksi di situs ini.

EyeVerify sendiri telah berhasil mengembangkan sebuah software yang mampu mengidentifikasi seseorang berdasarkan pembuluh darah merah di matanya. Pola pembuluh darah tersebut bisa ditangkap oleh kamera smartphone dan direkam agar dapat digunakan untuk login atau mengakses smartphone. Aplikasi ini tak jauh beda dengan teknologi fingerprint yang sedang tren saat ini.

Berinvestasi pada teknologi biometrik yang menggunakan mata bisa jadi keuntungan sendiri bagi Alibaba. Sebabnya saat ini penipuan dalam transaksi online terus merajalela dan perusahaan dari Tiongkok ini kerap sulit mengatasinya. Pada 2015 saja, terdapat 24.866 laporan terkait penipuan di situs Alibaba.

Sebelumnya, Alibaba pernah menunjukkan ketertarikan mereka akan keamanan biometrik dengan mendemokan "pay with a selfie" di Alipay. Aplikasi ini masih menggunakan pengenalan wajah dari Face++, perusahaan startup asal Tiongkok yang kemudian bergabung dengan Uber.

Setidaknya, pembelian ini akan membuat Alibaba lebih populer di luar negerinya sendiri. Sementara itu, EyeVerify diketahui juga sedang melakukan kerja sama dengan raksasa lain seperti Samsung dan Nokia.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar