27 September 2016 | Reza - Redaksi | News

Yogyakarta Kembangkan Kota Pintar Berbasis Budaya Bersama IBM

Foto : Ilustrasi Konsep Smart City

Yogyakarta tengah berbenah dan mempersiapkan diri untuk bisa mewujudkan kota yang pintar. Sebagai langkah awal dalam upaya mengembangkan Kota, dijalinlah kerja sama dengan perusahaan komputer IBM. Diharapkan, dengan terjalinnya kerja sama dengan perusahaan perangkat keras dan lunak tersebut akan mempercepat proses transformasi Yogyakarta menjadi kota pintar.

Nantinya, bidang sasaran pengembangan Kota Pintar di Kota Yogyakarta adalah pendidikan dan pariwisata yang kemudian terbagi menjadi beberapa bidang lain seperti lingkungan, pemerintahan, ekonomi, masyarakat dan manajemen bencana. Meski berambisi menjadi kota pintar, namun Yogyakarta tidak menginginkan transformasi tersebut mengikis nilai-nilai kebudayaan yang sudah ada.

Maka dari itu, konsep kota pintar akan berpedoman pada budaya yang ada di Kota Yogyakarta. Sehingga pengembangan Kota Pintar yang didalamnya melibatkan penggunaan teknologi informasi yang semakin canggih tidak akan meninggalkan karakter dari Kota Yogyakarta itu sendiri. "Payung induk pengembangan smart city di Kota Yogyakarta adalah smart culture (budaya pintar). Artinya, berbagai model pengembangan smart city yang akan dilakukan harus bermuara pada budaya Yogyakarta yang santun," tutur Kepala Bagian Teknologi Informasi dan Telematika (TIT) Pemerintah Kota Yogyakarta Sukadarisman.

Sementara itu, Country Manager Communication and Public Service PT IBM Indonesia Ronny Sumantri, menyambut baik jalinan kerja sama dengan pemerintah Yogyakarta. Sebagai langkah awal, IBM akan memberikan wawasan kepada pemerintah Kota Yogyakarta tentang konsep kota pintar, selain itu juga akan ada semacam cetak biru konsep kota pintar yang mudah diimplementasikan. Kemudian, IBM juga akan melakukan penguatan sistem informasi, infrastruktur dan pusat data.

"Kota Yogyakarta sudah memiliki infrastruktur yang bagus untuk bisa mewujudkan smart city. Bagaimanapun juga, tujuan akhir dari pengembangan smart city adalah memberikan kenyamanan bagi warga untuk tinggal termasuk kemudahan mengakses layanan publik dan kegiatan ekonomi," ujarnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar