02 Oktober 2016 | Reza - Redaksi | News

Digandeng Pemerintah Belanda, Debut Menjanjikan Bagi Drone Nokia

Foto : Varian Drone Nokia

Nokia kian memantapkan debutnya dalam dunia drone/UAV (Unmanned Aerial Vehicle). Sesuai nota kesepahaman yang telah ditandatangani bersama pemerintahan kota Enschede, Provinsi Overijssel, dan Unmanned Systems Center B.V. and Area Development, Nokia akan merancang dan memberikan infrastruktur pengujian serta pengembangan sistem manajemen lalu lintas atau UAV Traffic Management (UTM).

Pengujian drone itu sendiri, dilakukan di bandara Twente melalui simulasi real life dan demonstrasi komersial. Dikutip dari siaran pers di situs resminya (Nokia.com) perusahaan asal Finlandia tersebut akan menyediakan otomatisasi penerbangan, zona larangan terbang, dan kapabilitas beyond-visual-line-of-sight (BVLOS) untuk pengoperasian drone yang aman di kawasan kota padat penduduk dan pedesaan yang terpencil. Pengoperasian drone harus menjamin keselamatan dan tetap memperhatikan penegakan peraturan dalam penerbangan sipil.

Paket dalam sistem UTM terdiri dari modem LTE, modul GPS, dan beragam perangkat telemetri lain. Layanan pengelolaan aplikasinya mengusung platform Nokia Airframe, sehingga secara real time dapat memantau wilayah dan jalur penerbangan. Dalam proyek ini Nokia juga menghadirkan aplikasi Nokia UTM untum digunakan pada smartphone. 

Lebih jauh digambarkan, nantinya pada sesi pembukaan acara Space 53 di bandara Twente, para pengunjung bandara dapat melihat demonstrasi drone dalam bidang pertanian, pencarian serta penyelamatan (SAR), keselamatan publik, dan program airport anti bird protection.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar