02 Oktober 2016 | Reza - Redaksi | News

Dukung Program Smart City, UGM Luncurkan Sistem Aplikasi Terintegrasi

Foto : Ilustrasi Sistem Terintegrasi Smart City

Universitas Gadjah Mada (UGM) baru-baru ini meluncurkan sistem aplikasi terintegrasi Gamatechno Smart City Solution. Melalui bsinis usahanya, PT Gamatechno, universitas yang berada di Yogyakarta ini ingin menunjukan komitmennya untuk terus berupaya meningkatkan tatanan hidup masyarakat yang berbasis teknologi.

Novan Hartadi, General Manager Research and Business Development Group menyatakan sistem aplikasi ini menyentuh segala segmen. Ada pun segmen yang menjadi fokus terdiri dari empat segmen, yakni pendidikan, layanan pemerintahan, industri transportasi dan logistik, serta industri life style. “Kami ingin mendukung program smart city yang sedang digalakkan oleh pemerintah dan membantu mengatasi permasalahan di ekosistem penggunanya,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dalam segmen academic solution, sistem informasi terintegrasi digunakan untuk mengelola administrasi dan manajemen akademik perguruan tinggi. Dikembangkan pada 2005 silam dan menjadi sistem pertama yang dikembangkan dalam Gamatechno Smart City Solution, dan sudah diaplikasikan ke dalam sistem pendaftaran mahasiswa baru hingga pengelolaan alumni. "Kita buat juga dashboard yang bisa digunakan untuk memantau performa tiap-tiap unit kerja di fakultas," tuturnya.

Sedangkan segmen bagi institusi pemerintahan, dikembangkan sebagai government solution seperti sistem informasi manajemen perizinan terpadu, sistem informasi harga pangan pokok, aplikasi mobile city directory, sistem informasi manajemen untuk keluahan dan saran, sistem informasi manajemen persuratan serta pelaporan pemerintah. Sementara, pada segmen gaya hidup dikembangkan aplikasi back-office bagi internal perusahaan. Kemudian, aplikasi front-office bagi konsumen dari perusahaan yang bergerak di industri hiburan, pariwisata, keuangan mikro, dan lainnya.

"Solusi Gamatechno ini akan ikut membantu mewujudkan terciptanya sebuah kota pintar dan memberikan layanan yang lebih baik bagi masyarakat penggunanya. Penggunaan sistem ini memberikan keuntungan dalam penyederhanaan kompleksitas birokarsi, efisiensi waktu, serta pengurangan penggunaan uang tunai dan kertas," tutupnya.

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar