07 Oktober 2016 | Reza - Redaksi | News

Pemerintah Jajaki India Untuk Pengembangan Bersama Konsep Kota Pintar

Foto : Ilustrasi Konsep Smart City

Indonesia terus berkomitmen membangun kota dan kabupaten-kabupaten di sepenjuru Nusantara menjadi kota pintar. Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mengembangkan kota pintar (smart city) berkelanjutan untuk perkotaan-perkotaan di tanah air.

Dengan konseps Kota Pintar Berkelanjutan, setiap kota dalam melakukan pembangunannya perlu mengacu pada empat elemen dasar, yaitu kota itu harus aman, sehat dan berkeselamatan; kota itu harus estetik, bersih, berkarakter, nyaman; kota harus produktif dan efisien; serta harus berkelanjutan.

Terkait itu, pemerintah tengah melakukan penjajakan kerja sama dengan India. Kerja sama tersebut dilakukan untuk mempercepat pengembangan kawasan perkotaan di kedua negara agar mampu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi perkotaan. Diharapkan kerja sama yang akan dijalin dapat bermanfaat untuk percepatan mewujudkan kota pintar di kedua negara. 

Penjajakan dan pengembangan kota pintar dinilai sangat penting karena selain menjadi konsentrasi populasi penduduk, perkotaan juga menjadi pusat konsentrasi ekonomi, interaksi sosial, budaya, dampak lingkungan dan dampak kemanusiaan. Terbukti, saat ini 74 persen kontribusi ekonomi datang dari perkotaan. “Dari 20 juta menjadi 120 juta jiwa, saat ini peningkatan jumlah penduduk perkotaan tersebut diperkirakan masih berlanjut,” ujar Kepala BPIW Kementerian PUPR, Rido Matari Ichwan.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar