18 November 2016 | Denny - Redaksi | News

Inilah 22 Kota Aplikator Sukses Smart City Menurut Nokia

Ilustrasi smart city

Nokia belum lama ini merilis laporan terkait smart city (kota pintar) untuk 22 kota di seluruh dunia. Laporan ini mengindentifikasi praktek dan aplikasi smart city terbaik yang ada di 22 kota di seluruh dunia. Laporan bernama Smart City Playbook memaparkan dokumentasi perbagai teknologi yang digunakan untuk membuat kota yang lebih cerdas dan lebih aman.

Smart City Playbook juga menyorot peran penting Internet of Things (IoT) dalam mendukung smart city di 22 kota tersebut. Beberapa aplikasi yang dominan hadir di smart city seperti informasi kemacetan lalu lintas, dan aplikasi-aplikasi lain untuk kepentingan masyarakat.

Dalam laporan Smart City Playbook tersebut juga ditemukan perbedaan yang signifikan antar kota, terutama dalam pendekatan dan praktek yang digunakan. Namun laporan ini juga mengetengahkan poin kesuksesan dari smart city dalam menyajikan manfaat yang bersifat universal.

Menurut laporan Smart City Playbook Nokia, daftar 22 kota tersebut adalah Auckland, Bangkok, Barcelona, Berlin, Bogota, Bristol, Cape Town, Cleveland, Delhi, Dubai, Jeddah, Mexico City, New York City, Paris, Pune, San Francisco, Sao Paulo, Shanghai, Singapore, Tokyo, Vienna and Wuxi.

Sayangnya Indonesia tak menyumbang satu kota pun untuk daftar smart city ini. Merupakan tantangan besar bagi pemerintah untuk mulai menyeriusi pengaplikasian teknologi smart city untuk masa depan lebih baik.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar