21 November 2016 | Reza - Redaksi | News

Memantau Hunian Dalam Genggaman Melalui Savvy Smarthome

Foto : Ilustrasi Konsep Smart Home

Konsep Internet of Things menciptakan koneksi dari sebuah perangkat ke internet dan sebaliknya. Termasuk di dalamnya ponsel, kulkas, mesin cuci, headset, lampu, wearable device dan berbagai hal yang sebelumnya tak pernah terpikirkan oleh kita. Termasuk juga komponen dalam sebuah produk, seperti mesin jet pada pesawat atau transmisi otomatis pada mobil.

Saat ini, upaya menyuguhkan solusi smart home lewat berbagai eksperimen dan inovasi terus digeber berbagai pihak yang berkepentingan. Salah satunya adalah PT XL Axiata (XL) yang sudah mempersiapkan diri menggelar layanan berbasis IoT di Tanah Air.

Adalah Savvy Smarthome, sebuah konsep yang dikembangkan XL untuk menghadirkan kenyamanan dan keamanan pada rumah tinggal. Dengan mengandalkan sensor-sensor yang terintegrasi dengan aplikasi digital, sehingga memudahkan kita untuk memantau keadaan rumah.

Selanjutnya dengan menggunakan smartphone, kita bisa mengendalikan sejumlah peralatan rumah tangga secara nirkabel. Sebagai contoh, untuk mengatur suhu AC di rumah, menyalakan atau memadamkan lampu, mengakses kamera pengawas serta mengendalikan televisi. Semua bisa dilakukan dari jarak jauh asalkan terdapat koneksi internet.

XL mengaku sedang mengujicobakan solusi smart home ini di beberapa apartemen, salah satunya di Bassura City, Jakarta. Operator anak perusahaan Axaita Malaysia ini sengaja memperkenalkan konsep smart home ini ke masyarakat.

Namun ternyata dalam perjalanannya layanan ini belum bisa berjalan sempurna, khususnya saat implementasi. Tapi XL tidak berhenti, mereka masih terus menggeber konsep smart home-nya. Dari pengalaman di Bassura City, XL pun mulai mencoba membundling smart home dengan layanan lain.

“Kami menyiapkan paket-paket dalam bentuk bundling atau paket. Tidak hanya stand alone. Komponen-komponen yang berhubungan dengan infrastruktur kebutuhan rumah,” jelas Arifa Febriyanti, Head of Internet of Things Digital Service XL Axiata.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar