23 November 2016 | Denny - Redaksi | News

Kudus Segera Miliki Command Center di 2017

Ilustrasi command center

Proyek smart city Kudus saat ini sedang dikebut penyelesaiannya, salah satunya adalah dengan membangun ruangan pusat kendali (command center). Ruangan ini diperkirakan sudah beroperasi mulai tahun depan.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kudus Didik Sugiharto menjelaskan, anggaran untuk membangun command center tersebut sebesar Rp 3 miliar pada APBD 2017. “Dengan ruang command center itu, wilayah Kudus bisa terpantau langsung dari satu ruangan," ujarnya kemarin.

Ruangan command center ini dikatakan Didik akan berada di  lingkungan Pendapa dan gedung Setda Kudus dan dikelola langsung oleh pihaknya. "Saat ini saya berharap anggaran disetujui oleh DPRD, sehingga program smart city bisa terwujud tahun depan," timpalnya.

Kemudian, kesiapan infrastruktur pendukung sedang menjadi fokus pihak Dishubkominfo Kudus belakangan ini. Seperti salah satunya adalah dengan memasang enam unit kamera CCTV di lokasi yang berbeda-beda. Namun, menurutnya Kabupaten Kudus setidaknya membutuhkan minimal 50 unit CCTV.

Selain digunakan untuk memantau kondisi lalu lintas, kamera CCTV ini berguna untuk mengawasi kondisi wilayah di sembilan kecamatan di Kudus. Tak hanya itu, CCTV akan berfungsi memantau potensi terjadinya banjir dan juga kondisi di beberapa perbatasan dengan daerah tetangga.

Didik juga menuturkan, saat ini Pemkab Kudus telah merilis aplikasi Menara yang sudah bisa diunduh warga melalui smart phone android. Aplikasi ini berfungsi untuk menghimpun informasi dan keluhan seputar kondisi wilayah masing-masing. 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar