02 Desember 2016 | Denny - Redaksi | News

Kejar Smart City, Depok Akan Bangun Control Room

Ilustrasi control room

Sebuah pusat kendali terpadu (control room) rencananya akan dibangun di Kota Depok demi program smart city. Pemerintah Kota (Pemkot Depok) yakin dengan adanya pusat kendali tersebut, seluruh layanan publik yang berbasis teknologi informasi akan berjalan lancar.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Hardiono, mengatakan nantinya control room dibangun di lantai 5 Gedung Setda Bali Kota Depok. Saat ini, pihaknya berfokus untuk mengembangkan aplikasi yang dibuat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bisa dihubungkan ke pusat kendali.

"Control room ini nantinya menjadi tempat monitoring semua aplikasi layanan publik yang dimiliki setiap OPD. Termasuk menjadi sarana pengaduan masyarakat agar bisa diproses secepatnya oleh OPD terkait," ujar Hardiono, Rabu (23/11/2016).

Selain menanggapi keluhan masyarakat, control room ini juga berfungsi untuk mengetahui bagaimana OPD menanggapi dan menyelesaikan aduan dari warga. "Bagaimana kinerja OPD, nanti bisa dipantau dari sini," katanya.

Sementara itu, Hardiono mengatakan bahwa fasilitas Area Traffic Control System (ATCS) milik Pemkot Depok juga nantinya akan terintegrasi dengan control room. Agar berjalan dengan baik, pihaknya mengaku merencanakan dengan matang pembangunan control room ini. Dia berharap pembuatan control room bisa dilakukan tahun depan.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar