09 Desember 2016 | Denny - Redaksi | News

Blippar, Aplikasi Pengungkap Identitas Seseorang

Blippar

Teknologi pemindaian wajah dianggap sudah semakin maju. Baru-baru ini perusahaan asal Inggris merilis aplikasi Blippar, yakni aplikasi yang mampu mengungkap identitas seseorang hanya dengan memindai wajahnya.

Pengguna aplikasi ini hanya tinggal mengarahkan kamera smartphone ke wajah yang ingin diidentifikasi agar terungkap identitasnya. Tak lama kemudian, aplikasi mengeluarkan informasi identitas orang tersebut yang berasal dari database Blippar.

Tercatat, Blippar sudah mengumpulkan 70 ribu data publik figur seperti musisi, atlet, musisi, aktor dan lainnya. Misal pengguna bertemu orang terkenal di suatu tempat namun lupa namanya, dia cukup mengarahkan ponsel pintar ke orang tersebut. Tentu pemindaian dilakukan dengan membuka aplikasi Blippar terlebih dahulu.

Tak hanya itu, Blippar juga mampu memindai wajah orang dari foto, surat kabar atau internet. Ketika aplikasi berhasil mengenali objek, akan muncul berbagai informasi seperti nama dan rincian lainnya. Tingkat akurasi aplikasi ini diklaim pembuatnya mencapai 99 persen.

"Ini adalah cara baru, unik, dan menyenangkan untuk menunjukkan siapa diri kalian dan memelajari lebih banyak tentang orang lain," jelas Chief Executive Officer (CEO) Blippar, Ambarish Mitra.

Meski inovatif, aplikasi Blippar ini mendapat kritikan terkait keamanan privasi. Kritikan ini sama seperti yang terjadi dengan Google Glass, dimana belakangan diketahui melakukan pemblokiran aplikasi pengenalan wajah karena dinilai mengancam privasi seseorang.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar