19 Desember 2016 | Denny - Redaksi | News

Lampu Lalu Lintas di Yogyakarta Dikendalikan Secara Online

Ilustrasi lampu lalu lintas dengan CCTV

Untuk mengatasi kemacetan selama libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan pengendalian secara online pada 68 lokasi terdapatnya alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL).

Menurut Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Agus Harry Triono, seluruh lampu lalu lintas tersebut terhubung ke pusat pengendalian atau traffic control system (ATCS). Dari sana, pihaknya dapat merekayasa arus lalu lintas secara langsung agar kepadatan kendaraan bisa terurai.

“Total ada 68 titik traffic light yang nanti bisa kami kendalikan di kantor [Dishub DIY], ini nanti diharapkan dapat membantu mengatasi kepadatan arus saat Natal dan Tahun Baru,” ujarnya, Sabtu (17/12/2016).

Harry menambahkan, ke 68 lampu lalu lintas tersebut sudah dilengkapi CCTV sehingga kondisi realnya dapat dipantau oleh petugas di ATCS selama 24 jam. Jika ada satu titik terjadi kepadatan, maka petugas akan melakukan setting dengan cepat untuk mempercepat lampu merah menjadi hijau dan memperlambat lampu hijau berubah ke merah agar kepadatan arus dapat terurai.

Seluruh titik lampu lalu lintas tersebut menurut Harry berada di antara lain Sleman sebanyak 30 titik, Kota Yogya ada 21 titik, 14 titik di Bantul dan tiga titik di Kulonprogo.

 



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar