23 Desember 2016 | Denny - Redaksi | News

Telkomsel & Nokia Uji Coba Solusi IoT di Jaringan 4G

Uji coba solusi NB-IoT Telkomsel dan Nokia

Kerja sama Nokia dan Telkomsel untuk membangun jaringan ekosistem Internet of Things (IoT) segera terwujud. Dalam waktu dekat, kedua perusahaan ini berkolaborasi menghadirkan Narrowband Internet of Things (NB-IoT) di jaringan 4G. Bagi Telkomsel, menghadirkan layanan IoT adalah yang pertama kali dilakukan.

Telkomsel sendiri menganggap solusi IoT di Indonesia menjadi salah satu yang akan booming. Untuk itu diperlukan jaringan internet kuat seperti 4G agar perangkat-perangkat yang terhubung dalam sistem IoT berfungsi sebagaimana mestinya.

Telkomsel melakukan uji coba Narrowband Internet of Things (NB-IoT) ini dengan menyimulasikan layanan telemetri untuk memantau lingkungan, seperti informasi temperatur, kelembaban, dan juga tekanan udara.

Layanan NB-IoT dites menggunakan metode in band frequency di jaringan 4G. Seluruh informasi data akan dikirimkan oleh Telkomsel melalui sensor yang terhubung ke jaringan yang memiliki konektivitas NB-IoT Nokia. Diklaim, solusi NB-IoT ini membuat sebuah perangkat dapat beroperasi selama 10 tahun lamanya tanpa perlu diisi ulang karena konsumsi daya yang rendah.

President Director of Nokia Indonesia Robert Cattanach menjelaskan, uji coba ini merupakan momen penting untuk menunjukkan kekuatan konektivitas jaringan IoT. Nokia pun menyatakan akan terus menyokong teknologi dan inovasi agar pengguna IoT merasakan manfaatnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar