30 Januari 2017 | Denny - Redaksi | News

Pemkab Badung Anggarkan 50 M Bangun Command Center

Gedung Pemkab Badung

Untuk mewujudkan konsep smart city, Pemerintah Kabupaten Badung, Provinsi Bali telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 50 miliar lebih yang bertujuan membangun command center. Anggaran tersebut sudah disetujui sebagai APBD 2017.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung Wayan Weda Darmaja, pembangunan gedung fisik Command Center Pemkab Badung ini akan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung.

Sementara untuk peralatan pendukung ruangan komando akan disiapkan Diskominfo meliputi sarana prasarana seperti komputer, monitor besar, jaringan internet, operator dan sebagainya. "Anggaran untuk sarana prasarana ini sekira Rp 23 miliar," ujarnya.

Weda Darmaja juga menjelaskan, command center tersebut akan menampilkan hasil analisis digital untuk dimonitor lebih lanjut. Kemudian tindak lanjutnya adalah sebagai dasar pengambilan keputusan.

“Tugas Diskominfo kali ini lebih berat, karena melayani seluruh SKPD, melayani masyarakat, mengelola komunikasi publik, memasukan informasi program Bupati. Seluruh statistik data tersebut akan masuk di sini," paparnya.

Tak hanya sampai di situ, Pemkab Badung juga berencana membangun jaringan fiber optik, peningkatan bandwidth internet di lingkungan Pemkab, pemasangan CCTV di lokasi-lokasi strategis dan juga pengadaan WiFi gratis di tempat publik. "Untuk sementara ada 84 aplikasi yang kami kembangkan menuju smart city," ungkapnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar