13 Februari 2017 | Reza - Redaksi | News
Fitur Spesial

ONVIF : Standar Produk Berbasis Internet Protocol

ONVIF (Open Network Video Interface Forum)merupakan suatu forum yang dibentuk untuk memfasilitasi pengembangan dan penggunaan standardisasi terbuka interface produk perangkat keamanan berbasis IP. Forum ini membuat suatu standar bagaimana produk berbasis IP seperti CCTV dan perangkat keamanan lainnya dapat berkomunikasi satu sama lain.

ONVIF dimulai sejak tahun 2008 oleh Axis, Bosch Security Systems, dan Sony. ONVIF terbuka untuk pabrikan, pengembang software, konsultan, sistem integrator, dan pengguna akhir serta pihak-pihak lain yang tertarik untuk berpartisipasi. Hal-hal yang mendasari ONVIF, antara lain adalah standarisasi komunikasi antar-perangkat pada jaringan, interoperabilitas antar-produk dalam jaringan dan terbuka untuk semua perusahaan dan juga organisasi.

Sementara itu, profil ONVIF adalah sekumpulan spesifikasi yang menjamin interoperabilitas dari fitur-fitur khusus antar-produk. Sampai saat ini ONVIF telah memiliki empat profil, yang mana ke-empat profil tersebut tertera pada gambar di samping.

Berkenaan dengan ONVIF, terdapat empat keuntungan bagi penggunaan standar terbuka. Keuntungan-keuntungan tersebut adalah :

INTEROPERABILITY

Produk dari berbagai perusahaan dapat menggunakan sistem yang sama sehingga dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

FLEXIBILITY

Dalam memilih suatu solusi, pelanggan dan sistem integrator tidak dibatasi dengan solusi tertentu dari salah satu merek atau pabrikan.

FUTURE-PROOF

Standar ini memberi kekebalan untuk interoperabilitas antar-produk di pasaran bahkan jika terjadi sesuatu pada sebuah merek atau pabrikan.

QUALITY

Ketika suatu produk sudah memenuhi standar yang ada, pelanggan akan yakin dengan kualitas produk tersebut.

 

 

Sumber : Majalah Indo Security System Vol. 3 Edisi Desember 2016 - Desember 2017



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar