23 Februari 2017 | Denny - Redaksi | News

Pelalawan Riau Segera Terapkan Konsep Smart City

Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, kini sedang menggodok konsep smart city atau kota pintar. Dengan penerapan konsep smart city ini, diharapkan segala permasalahan perkotaan dapat ditanggulangi dengan cepat.

"Kita akan menerapkan kabupaten Pelalawan menjadi kota cerdas, yang merupakan keinginan Bupati Pelalawan HM Harris langsung. Untuk mewujudkannya, saat ini kita tengah menyiapkan master plan dan detail engineering design (DED) penerapan smart city," sebut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ir M Syahrul Syarif.

Dia melanjutkan, konsep awal implementasi smart city di Pelalawan akan dimulai dari tata pemerintahan. Kemudian akan diteruskan dengan pemasangan jaringan internet gratis kepada masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Syahrul merinci, pembenahan tata pemerintahan adalah dengan memberikan layanan secara daring kepada masyarakat. "Jadi mereka kedepannya tidak perlu lagi datang ke kantor. kita pastikan pendapatan asli daerah (PAD) dari pelayanan perizinan sistem online yang kita terapkan akan meningkat," jelasnya.

Mengenai anggaran untuk mewujudkan smart city, Syahrul mengaku belum bisa membeberkan. Namun jika tidak ada halangan, diharapkan konsep kota pintar sudah bisa dijalankan mulai tahun depan.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar