06 Maret 2017 | Denny - Redaksi | News

Bus Command Center Kodam Jaya Siap Amankan KTT IORA 2017

Bus MCCV milik Kodam Jaya/Jayakarta

Sebagai Komando Kewilayahan di Ibu Kota Jakarta, Kodam Jaya/Jayakarta ikut bertanggung jawab dalam mengamankan pelaksanaan KTT IORA (Indian Ocean Rim Association) yang digelar di Jakarta 5-7 Maret 2017 ini. Salah satunya adalah mengerahkan sebuah kendaraan taktis (rantis) non tempur untuk memantau situasi.

Kendaraan berupa bus ini disebut MCCV (Mobile Command Control Vehicle). Bus canggih ini berfungsi untuk mengontrol segala sistem komunikasi maupun pemantauan dengan cara memanfaatkan teknologi informasi.

Di dalamnya, terdapat berbagai fasilitas seperti 60 buah kamera personal berteknologi GPS Tracking Video. Seluruh personal kamera tersebut langsung terhubung ke monitor besar yang ada di ruang kontrol MCCV. Selain itu, bus ini juga dibekali dengan ruang monitoring radio UHF.

Agar personel Kodam Jaya dimudahkan saat pemantauan, 7 monitor layar lebar, kamera CCTV, sound system delegate dengan teknologi V-Sat juga sudah tersedia. Pihak Kodam Jaya pun mengklaim bahwa bus MCCV ini adalah satu-satunya yang baru dimiliki oleh jajaran Perhubungan TNI AD seluruh Indonesia.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar