16 Maret 2017 | Denny - Redaksi | News

Konsep Kota Cerdas Segera Diterapkan di Serunyan

Ilustrasi

Guna mempercepat proses pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan, Kalimantan Tengah, akan mengaplikasikan konsep kota cerdas. Rencana tersebut akan dilaksanakan mulai tahun ini dengan menggandeng PT Telkom Indonesia Tbk.

Bupati Seruyan Sudarsono menjelaskan, Telkom saat ini sedang memulai pemasangan berupa infrastruktur jaringan di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemkab Serunyan. "Sedangkan untuk desa dan kelurahan akan mulai diterapkan mulai pertengahan 2017," tuturnya lagi.

Lebih lanjut lagi, konsep kota cerdas yang diterapkan Pemkab Serunyan berupa electronic office. Aplikasi ini mengintegrasikan seluruh jaringan perkantoran ke dalam satu pusat yaitu kantor bupati.

"Gambarannya semua kantor, kecamatan, desa dan kelurahan akan terkoneksi dalam satu jaringan, sehingga masing-masing SKPD khususnya kepala daerah bisa memantau perencanaan dan pelaksanaan program secara daring," terang Sudarsono.

Dia berharap, selain mempercepat proses pembangunan daerah, konsep kota cerdas juga mendorong terciptanya keterbukaan informasi publik. Pasalnya, seluruh informasi bisa diakses oleh setiap warga.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar