11 April 2017 | Denny - Redaksi | News

Badak Afrika Terlindung dari Perburuan Berkat IoT Keamanan

Solusi Cisco dan Data Dimension untuk penyelamatan badak Afrika

Teknologi Internet of Things (IoT) saat ini tak hanya dapat digunakan bagi perusahaan modern agar dapat hidup di era digital. Namun baru-baru ini upaya penyelamatan badak Afrika dari perburuan juga memanfaatkan IoT sebagai pengawasan dan pengumpulan data.

Belum lama ini, Cisco dan Data Dimension meneliti dan mengerahkan berbagai teknologi untuk melawan perburuan badak Afrika. Teknologi IoT menjadi penting karena kawasan suaka alam sangatlah sulit dijangkau manusia untuk penjagaan.

Berbagai macam perangkat IoT seperti hotspot WiFi yang dipasang di berbagai titik, CCTV, drone yang dilengkapi kamera inframerah, thermal imaging, pelacakan kendaraan, sensor IoT dan sensor IoT seismik dikerahkan untuk mengawasi badak dari pemburu liar.

Selain itu, proyek ini juga memanfaatkan perangkat tersebut untuk  pengumpulan, pemeriksaan, analisis dan pemeriksaan informasi tentang badak dan semua karyawan cagar alam tersebut, termasuk para ranger, petugas keamanan, tim IT dan tim kontrol pusat.

Penggunaan drone juga cukup vital untuk proyek ini untuk memantau dan melacak pemburu. Sementara CCTV dipasang di beberapa titik untuk menyurveipagar-pagar pembatas di sepanjang cagar alam. Security check juga dilakukan pada para pekerja suaka alam.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar