27 April 2017 | Denny - Redaksi | News

Ragam Manfaat Konsep Smart City Bagi Kawasan Perbatasan Negara

Ilustrasi Konsep Kota Pintar

Baru-baru ini Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan menggelar rapat fasilitasi koordinasi pengelolaan kawasan perbatasan darat, dalam rangka percepatan pembangunan di Kawasan Perbatasan Negara bersama sejumlah pejabat Kabupaten Sambas. Dalam kesempatan itu, Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili memaparkan upaya-upaya pengelolaan kawasan perbatasan Kabupaten Sambas.

Dalam paparannya, Atbah menyebutkan konsep smart city sangat serasi dan selaras dengan kondisi dan karakter masyarakat di kawasan perbatasan. Menurutnya, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi serta jaringan internet mampu menghubungkan antar instasi pemerintah secara masif dalam menjalankan tugas-tugasnya. "Dengan smart city, menjadikan kinerja yang lebih efektif dan efisien memaksimalkan tata kelola dan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan," ujarnya.

Dia meyakini, konsep smart city akan menghadirkan banyak manfaat positif. Sehingga semua aspek pembangunan dpat dikelola dengan baik, mulai dari pertahanan keamanan, ketahanan pangan, infrastruktur hingga sosial budaya maupun ekonomi. "Ada beberapa tahapan langkah yang harus ditempuh guna mewujudkan smart city, pertama dengan mengidentifikasi potensi yang ada diperbatasan, memantapkan database teknologi informasi dan komunikasi, membuat regulasi termasuk mengajak serta partisipasi pihak ketiga dalam pengembangan kawasan perbatasan," tutupnya.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar