28 April 2017 | Denny - Redaksi | News

Sambut Penerbangan Internasional, Aktivitas Penumpang Terminal 3 Soetta Diperketat

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Pada 1 Mei 2017 nanti, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, akan melayani penerbangan internasional. Untuk itu, PT Angkasa Pura (AP) II mendigitalisasi pengawasan di Terminal 3 untuk membuat penumpang merasa makin aman dan nyaman.

Sistem digitalisasi pengawasan itu salah satunya dalam bentuk CCTV. Seluruh Kamera CCTV di Terminal 3, bisa memonitor seluruh pergerakan penumpang termasuk barang bawaan mereka. Seluruh barang bawaan penumpang bisa cepat ditemukan ketika tertinggal.  

Menurut Dewandono Prasetyo Nugroho, Branch Communication Angkasa Pura II, fibanding dua terminal lainnya, sistem keamanan di Terminal 3 memang tergolong lebih ketat, satu di antaranya pemeriksaan barang bawaan penumpang.

Selain itu, para penumpang akan melewati pemeriksaan berstandar internasional. Pasalnya, Terminal 3 merupakan terminal pertama di Indonesia yang memiliki alat pendeteksi logam berstandar internasional.

"Sudah ada body scanner khusus standar internasional untuk memeriksa kandungan logam. Ini dioperasikan khusus oleh orang yang punya keahlian," kata VP Corporate Communication Garuda Indonesia, Benny S Butarbutar.

Body Scanner ini terdapat dua tempat pengecekan tubuh penumpang dan barang bawaan sebelum memasuki boarding lounge. Setelah memasuki benda berbentuk bulat lonjong setinggi tiga meter, penumpang yang membawa barang logam dapat terdeteksi. "Body scanner ini juga mempercepat alur kedatangan penumpang biar tidak menumpuk," jelas Benny.

Sistem pengamanan barang bagasi juga cukup ketat. Pihak bandara membagi area menjadi dua pada pada saat barang melewati bea dan cukai, yakni hijau dan merah.

Zona merah diperuntukkan untuk barang bagasi yang mencurigakan. Pada zona ini barang yang dibawa penumpang melewati beberapa lapis pengawasan melalui scanner. Sedangkan pada zona hijau untuk barang yang tidak mencurigakan. Di sini barang hanya diperiksa satu kali.



Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar