24 Mei 2017 | Sawitri Kusuma - Markom Bosch | News

Bosch Ville 2017 IoT conference: konsep Bosch untuk masa depan

Presiden Bosch Asia Tenggara, Martin Hayes, memaparkan pendapatnya tentang solusi IoT Bosch di Bosch Ville IoT conference

 “Konektivitas tanpa batas. Konektivitas yang dapat meningkatkan mobilitas. Konektivitas yang lebih dari sekedar teknologi, melainkan bagian dari hidup kita. Konektivitas yang membuat rumah menjadi lebih pintar, kota lebih teratur, dan industri jadi lebih terhubung. Konektivitas yang membangun masa depan,”

 

Pidato yang disampaikan Werner Struth, anggota dewan manajemen Bosch, di sesi konferensi pers Bosch di CES 2017 Januari silam menggemakan landasan dan tujuan Bosch melanjutkan pengembangannya pada sektor perangkat terkoneksi, atau lebih dikenal dengan istilah IoT (Internet of Things). Sebagai perusahaan teknologi yang mengedepankan inovasi, Bosch terus melebarkan sayapnya dalam pengembangan teknologi IoT hingga ke seluruh dunia.

Pada tanggal 16 Mei 2017 lalu, Bosch mempresentasikan solusi IoT-nya pada acara Bosch Ville 2017 IoT conference, yang juga merupakan pertama kalinya IoT conference yang diselenggarakan Bosch di Asia Tenggara. Ajang ini turut dihadiri oleh pengusaha properti, instansi pemerintahan, system integrator, institusi pendidikan, hingga anggota lembaga penelitian. Pada acara Bosch Ville 2017 ini, Bosch mengambil kesempatan untuk unjuk gigi mempertunjukkan kreasi solusi IoT yang dirancang eksklusif untuk kendaraan, bandara dan pelabuhan, sektor komersil, rumah pintar, hingga agrikultur:

·        Kendaraan otonom: pengenalan konsep bengkel otomotif yang terhubung ke internet. Menggunakan teknologi augmented reality, sistem dapat menyajikan data diagnosa kendaraan yang lebih akurat dalam waktu singkat.

·        Bandara dan Pelabuhan: inovasi canggih dari kamera pengawas yang kini dapat mendeteksi adanya antrian di wilayah tertentu, termasuk sensor Data Logger yang membantu untuk melacak penanganan kargo.

·        Sektor komersil: fitur cerdas yang dapat memantau dan menghitung tingkat keramaian pada area ritel. Ditambah aplikasi untuk monitor dan mencegah gangguan pada lift.

·        Rumah pintar: pameran sistem rumah pintar Bosch yang memungkinkan pemilik rumah untuk mengendalikan seluruh peralatan rumah yang saling terhubung melalui satu aplikasi. Pengenalan robot asisten Mykie, yang dapat membantu mengerjakan tugas rumah sehari-hari. Mykie dapat berkomunikasi dengan penggunanya, misalnya memberitahu apa saja isi lemari es, atau berapa lama kue harus dipanggang dalam oven.

 

·        Pertanian: simulasi kinerja software dan sensor aktif yang dalam kegiatan agrikultur dan akuakultur. 



www.bosch.com

Share :
Laporkan Artikel

Komentar


Kirim Komentar